Rapuhnya Lini Pertahanan Jadi PR Besar Timnas U-19

Indonesia U19 vs Qatar U19
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Rapuhnya lini pertahanan menjadi PR besar Timnas Indonesia U-19 di Piala Asia U-19. Hal tersebut jelas terlihat saat Garuda Muda takluk 5-6 dari Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu 21 Oktober 2018.

Kata Pelatih Yordania Usai Dibantai Qatar di Final Piala Asia 2023

Timnas U-19 mampu memperkecil ketertinggalan dari 1-6 menjadi 5-6. Meski begitu, pertahanan skuat asuhan Indra Sjafri itu dinilai di bawah performa terbaiknya. Beberapa gol yang disarangkan Qatar buah dari kesalahan pemain belakang. 

Hal ini juga diakui oleh gelandang Indonesia, Syahrian Abimanyu. Kondisi tersebut diharapkan tak terulang saat bersua Uni Emirat Arab di laga penentu di SUGBK, Rabu 24 Oktober 2018.

Kata Akram Afif Usai Bawa Timnas Qatar Juara Piala Asia 2023

"Kita harus lebih fokus dalam pertahanan untuk lawan UEA karena punya tipikal sama dengan Qatar. Intinya cetak gol sebanyak-banyaknya," kata Abimanyu kepada VIVA

"Enggak tahu juga, maksudnya enggak tahu bisa menang selisih berapa. Harus ada selisih kayaknya. Belum tahu pasti, yang penting kita fokus dan insya Allah bisa kalahkan UEA," lanjut dia.

Sosok Akram Afif, Pemain Terbaik dan Top Skor Piala Asia 2023

Kalau mau aman, Timnas U-19 setidaknya harus mencetak empat gol ke gawang Uni Emirat Arab. Aturan persaingan di fase grup Piala Asia U-19 adalah berbasis pada head to head. Artinya, kalau Timnas U-19 menang dan saat bersamaan Qatar mampu mengalahkan Taiwan, maka ada tiga tim yang memiliki enam poin.

Tiga tim itu adalah Timnas U-19, UEA, dan Qatar. Head to head tentu tak berlaku andai Timnas U-19 mampu menang atas UEA. Sebab, tiga tim terlibat saling mengalahkan. Selisih gol pun jadi solusi. (one)

Timnas Pantai Gading juara Piala Afrika 2023

Bekap Nigeria, Timnas Pantai Gading Juara Piala Afrika 2023

Sama seperti Piala Asia 2023, tuan rumah juga sukses menjadi juara di Piala Afrika 2023. Timnas Pantai Gading menyusul langkah Timnas Qatar menjadi yang terbaik di benua

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2024