Gagal di Piala AFF, PSSI Pamer Prestasi Jadi Tuan Rumah

Seketaris Jendral PSSI, Ratu Tisha Destria
Sumber :
  • (VIVA / Lucky Aditya)

VIVA – Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menolak anggapan prestasi Timnas Senior di Piala AFF 2018 buruk karena PSSI tetap menggelar kompetisi Liga 1 di tengah turnamen sepak bola terbesar se-ASEAN itu.

Jalan Terjal Cristian Gonzales Demi Membela Timnas Indonesia

"Karena tidak ada alasan PSSI tidak menggelar kompetisi di tengah turnamen AFF. Posisinya itu ketika kongres 2017, Januari kami sudah bikin satu tahun agenda," kata Ratu Tisha saat di Malang.

"Di situ sudah tertulis seluruh agenda kami yang ada. Seluruh agenda adalah 10 turnamen internasional, di mana kita tuan rumah. Jadi bukan soal AFF ya, tapi ada 10 agenda tuan rumah," ujar Ratu Tisha.

Catat Jadwal Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Bisa Ketemu Thailand atau Vietnam

Ratu Tisha mengatakan, pada tahun 2018 PSSI telah dipercaya oleh AFC dan AFF untuk menggelar 10 turnamen internasional. Di antaranya, Piala Futsal AFF, AFF Futsal Club Championships, Piala AFF U-15, Piala AFF U-18, AFF Women Championship U-15 dan senior, serta AFF Beach Soccer.

Serta tiga turnamen berskala Asia, yakni AFC Futsal Club Championships, AFC U-19 dan Asian Games.

Piala AFF U-19 2024 Digelar di Surabaya

"Tidak ada negara yang berhasil menggelar 10 event internasional dalam satu tahun. Dan ini pencapaian yang telah diapresiasi dalam kongres AFC oleh FIFA dan AFC," tutur Ratu Tisha.

Dalam 10 gelaran turnamen yang digelar di Indonesia hanya ada 1 gelaran turnamen yang dianggap paling penting oleh PSSI, yakni Asian Games. Sehingga saat Asian Games berlangsung, kompetisi Liga 1 libur untuk sementara.

"Maka dari itu sudah diantisipasi sejak awal. Klub-klub juga sudah tahu bahwa jadwal nantinya akan paralel berjalan antara liga dan kompetisi. Jadi sejak awal sudah tahu. Dan alasan-alasan itu, sudah disampaikan di awal kongres," kata Ratu Tisha. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya