Piala Asia U-19, Korsel Tanding yang Diputar Lagu Kebangsaan Korut

Skuat Timnas Korea Selatan U-19
Sumber :
  • the-afc.com

VIVA – Kontroversi terjadi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin 22 Oktober 2018. Ketika itu Korea Selatan akan bertanding melawan Jordania dalam lanjutan Grup C Piala Asia U-19.

Timnas Indonesia U-19 Semakin Mantap di Spanyol

Saat pemutaran lagu kebangsaan, para pemain Korsel seketika terdiam. Sebab, yang dimainkan oleh panitia pelaksana adalah lagu kebangsaan milik Korea Utara. Mereka terlihat kebingungan dan memilih untuk tidak berekspresi.

Sesaat setelah itu, jajaran staf pelatih Korsel langsung meminta kepada panitia Piala Asia U-19 untuk menghentikan lagu kebangsaan Korut dan menggantinya.

AFC Batalkan Piala Asia U-19 dan Piala Asia U-16?

Otoritas sepakbola Korsel (KFA) mengatakan akan segera mengajukan nota protes kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Mereka merasa ada ketidakberesan terkait kerja panpel.

"Ini adalah pertama kalinya lagu kebangsaan Korut dimainkan, bukan Aegukga (lagu kebangsaan Korse) di pertandingan resmi internasional," demikian pernyataan resmi KFA, dikutip dari New Strait Times.

Timnas Indonesia U-19 Menakar Kekuatan Lawan Uji Coba di Spanyol

Meski ada kesalahan seperti itu, Korsel masih tetap bermain. Mereka mampu menang dengan skor 3-1 atas Jordania.

Saat ini Cho Young-wook dan kawan-kawan sedang memimpin klasemen sementara Grup C dengan empat poin. Pada pertandingan perdana, Korsel bermain imbang 1-1 melawan Australia.

Timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan di Spanyol

PSSI Pasrah AFC Batalkan Piala Asia U-16 dan U-19

AFC membatalkan turnamen Piala Asia U-16 dan U-19. PSSI cuma bisa pasrah meski sudah melakoni segala persiapan.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2021