AFC Batalkan Piala Asia U-19 dan Piala Asia U-16?

Timnas Indonesia U-19 pemusatan latihan di Spanyol
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari turnamen Piala Asia U-19 dan Piala Asia U-16. Kabarnya, dua turnamen tingkat junior Benua Asia itu sudah dibatalkan.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Klaim itu muncul berdasarkan unggahan dari akun resmi Federasi Sepakbola Yaman. Melalui akun Twitter-nya, Yaman FA mengumumkan jika dua turnamen itu sudah dibatalkan akibat pandemi virus corona COVID-19 yang masih belum mereda.

"Federasi Sepakbola Asia secara resmi memutuskan untuk membatalkan AFC Youth (Piala Asia U-19) dan AFC Junior (Piala Asia U-16) karena dampak dari penyebaran pandemi virus corona," demikian pernyataan yang ditulis Yaman FA.

Mantan Kapten Timnas Indonesia U-19, Nurhidayat Gabung Klub Filipina

Sebagai informasi, Piala Asia U-19 semula dijadwalkan pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan. Hanya saja, dikarenakan pandemi, turnamen itu digeser menjadi 3-20 Maret 2021.

Pun dengan Piala Asia U-16. Awalnya, turnamen itu dijadwalkan pada 16 September - 3 Oktober 2020 di Bahrain. Namun, jadwal baru belum ditentukan.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Di luar pengumuman pembatalan, Yaman FA juga membocorkan jika di dua edisi berikutnya, kedua negara masih menjadi tuan rumah.

"Uzbekistan dan Bahrain mempertahankan haknya menjadi tuan rumah untuk dua edisi berikutnya," lanjut pernyataan tersebut.

Kabar ini sejatinya masih simpang siur. Sebab, AFC selaku federasi tertinggi belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Jika benar, tentu ini jadi pukulan telak bagi PSSI dan masyarakat Indonesia. Pasalnya, sebelum ini FIFA juga telah membatalkan Piala Dunia U-20 2021 yang dilangsungkan di Indonesia.

Apalagi, Timnas U-19 dan Timnas U-16 terhitung sudah melakukan persiapan secara maksimal. Bahkan, untuk Timnas U-19, mereka sedang berada di Spanyol sebagai persiapan menyambut turnamen tersebut.

Sementara, Timnas U-16 sudah mematangkan persiapan di Yogyakarta dan sempat melakukan uji coba di Uni Emirat Arab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya