Duka Mendalam Sepakbola dan Solidaritas Pemain Dunia untuk Sala

Poster Mantan Striker Nantes, Emiliano Sala.
Sumber :
  • instagram.com/fcnantes/

VIVA – Rasa duka mendalam telah menyelimuti tim sepakbola Premier League, Cardiff City. Pemain yang baru mereka beli dari Nantes, Emiliano Sala dilaporkan hilang setelah mengalami kecelakaan. 

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Pesawat yang ditumpangi oleh Sala berangkat dari Nantes pada, Senin, 21 Januari 2019 malam. Kemudian pesawat tersebut dilaporkan hilang pada Selasa, 22 Januari 2019 di kawasan Channel Island, Wales. 

Sebelum berangkat dari Nantes, kota eks klub Sala, sebenarnya pesawat yang ditumpangi Sala sempat gagal take off sebanyak tiga kali.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

Baru pada percobaan keempat, pesawat tersebut bisa terbang. Usai pesawat berhasil terbang, Sala kemudian mengirimkan pesan suara melalui WhatsApp kepada sahabatnya.

"Hei kawan, apa kabarmu orang gila? Saya lelah, sedang berangkat dari Nantes, melakukan banyak hal, dan tak pernah berhenti. Saya di pesawat yang berpotensi jatuh. Dan, saat ini saya menuju Cardiff, gila, besok kami harus mulai kegiatan dan siangnya harus berlatih bersama tim anyar," kata Sala seperti dilansir Ole Argentina.

Bantai Luton, Manchester City Tendang Arsenal dari Puncak Klasemen Liga Inggris

Beberapa saat kemudian, Sala kembali mengirimkan pesan suara lewat WhatsApp, kali ini ke beberapa rekannya, termasuk sang ayah. Dalam pesan suaranya, Sala mengungkapkan kengerian berada dalam pesawat nahas tersebut.

"Kawan, bagaimana kabar kalian, sehat? Jika kalian tak mendengar kabar dari saya selama 1,5 jam, saya tak tahu, jika mereka akan kirim orang untuk melakukan pencarian. Saya takut! Ayah, saya takut!" ujar Sala saat itu.

Rasa kehilangan Cardiff untuk Sala memang cukup besar. Apalagi Sala adalah pemain termahal dalam sejarah klub Cardiff. 

Untuk mendatangkan Sala dari Nantes, Cardiff harus merogoh kantong mereka sebesar Rp275 miliar. 

Sala kembali ke Nantes adalah untuk mengambil beberapa dokumen yang tertinggal. Untuk kembali ke Inggris, sebenarnya Cardiff sempat memberikan tawaran tiket kereta api. 

Tapi, Sala menolaknya dan memilih untuk menggunakan pesawat pribadi berjenis Piper Malibu. 

"Tadinya dia akan menaiki kereta api dari Nantes ke Paris, kemudian dari Paris ke Heathrow. Dilanjutkan dengan berkendara ke Cardiff," kata CEO Cardiff City, Mehmet Dalman, seperti dikutip Sky Sports, Kamis, 24 Januari 2019.

Namun, Sala menolak tawaran dari Cardiff lantaran perjalanan menggunakan kereta api memakan waktu yang cukup lama.

Usai kejadian tersebut, sebuah fakta mengejutkan terungkap. Pilot pesawat, Dave Ibbotson ternyata tidak memiliki lisensi komersial. 

Ibbotson hanylah bekerja sebagai pilot privat. Selama ini, ia melakukan pekerjaan tersebut untuk mengumpulkan jam terbang, guna mendapatkan lisnesi komersial.

Banyak pekerjaan yang dikerjakan oleh Ibbotson, salah satunya adalah tukang ledeng. 

Pencarian dihentikan dan Solidaritas pemain dunia untuk Sala

Setelah tiga hari dilakukan pencarian, namun belum menemukan hasil maka proses pencarian Sala pun resmi dihentikan.  

"Usai berusaha keras untuk melakukan pencarian, pihak berwajib dari Pulau Channel, Britania Raya dan Prancis tak berhasil menemukan apapun," demikian pernyataan resmi pihak kepolisian, seperti dikutip laman resmi Cardiff City, Jumat, 25 Januari 2019.

"Kami telah mencari dalam radius 1.700 mil persegi dan telah menganalisis dari data yang didapat. Namun, kami tak menemukan tanda-tanda dari keberadaan pesawat, pilot dan penumpangnya. Dengan berat hati, kami memutuskan untuk menghentikan usaha pencarian," sambung pernyataan tersebut.

Kepolisian beralasan untuk tidak melanjutkan pencarian karena mempertimbangkan beberapa aspek. Selain itu, pihak berwajib juga menyebutkan bahwa peluang untuk pilot dan penumpang selamat sangat kecil.

Banyak pihak yang menolak untuk menghentikan pencarian Sala tersebut. Bahkan, dari pihak keluarga Sala juga masih menginginkan pencarian terus dilakukan. 

Mega bintang Barcelona dan juga Argentina, Lionel Messi adalah salah satu pemain sepakbola yang meminta pencarian terhadap Sala terus dilakukan. Seperti diketahui, Sala adalah pemain asal Argentina. 

Bukan cuma tuntutan pencarian dilanjutkan. Tapi, beberapa bintang juga menggalang dana agar pencarian tetap digelar lewat perusahaan swasta.

Mereka menggalang dana lewat situs GoFundMe. Dana tersebut nantinya bakal digunakan untuk membayar perusahaan swasta dalam pencarian pesawat Sala.

Pemain Chelsea, N'Golo Kante juga turut menyumbangkan uang agar pencarian tidak dihentikan. Kante pernah satu tim dengan Sala saat bermain di Caen. 

Penggalangan dana dilakukan melalui GoFoundMe telah mencapai £220.000 (sekitar Rp3,5 miliar). Dengan uang yang sudah terkumpul tersebut, telah digunakan untuk membiayai pencarian dengan menggunakan tiga kapal. Pihak keluarga Sala pun mengucapkan banyak terimakasih kepada para dermawan yang turut menyumbangkan uangnya.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya