Roberto Mancini Menangis Haru Usai Bawa Timnas Italia Juara EURO 2020

Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini.
Sumber :
  • instagram.com/azzurri

VIVA – Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini, mengatakan, bahwa dirinya telah menyaksikan kerja keras selama tiga tahun yang membuahkan hasil dengan meraih gelar juara EURO 2020, pada Senin dini hari WIB, 12 Juli 2021, yang membuatnya menangis harus usai tim asuhannya mengalahkan Inggris lewat drama adu penalti.

Pemain Jagoan Inggris Persenjatai Diri Rumahnya dengan Perlengkapan 'Kelas Militer' Selama EURO 2024

Dalam laga yang digelar di Wembley Stadium itu, Timnas Italia tertinggal lebih dulu melalui gol cepat Luke Shaw yang dicetak saat pertandingan baru berjalan dua menit. Namun, di babak kedua, Italia bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan pada menit 67 lewat aksi Leonardo Bonucci sebelum menang 3-2 dalam adu penalti setelah tetap bermain imbang 1-1 pada babak perpanjangan waktu.

Ini menandai gelar Piala Eropa pertama Italia sejak 1968 dan merupakan hasil dari pembangunan kembali tim nasional yang cerdas dari Mancini menyusul kegagalan memalukan lantaran mereka tidak lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Timnas Indonesia Kebanyakan Naturalisasi? Italia Juga Juara EURO 2020 Berkat Naturalisasi

Ditanya tentang air mata yang dia keluarkan selepas pertandingan final, Mancini berkata: "Itu adalah emosi yang terjadi setelah mencapai sesuatu yang luar biasa, melihat para pemain merayakan, dan para penggemar yang juga merayakan di tribun," katanya, seperti dikutip ESPN, Senin 12 Juli 2021.

"Itu adalah hal yang berhasil kami ciptakan, semua pekerjaan yang telah kami lakukan selama tiga tahun terakhir dan khususnya dalam 50 hari terakhir yang sulit," ucapnya.

Hasil Lengkap: Timnas Portugal Keok dengan Ronaldo, Hujan 6 Gol Spanyol Vs Brasil

Lebih lanjut, Mancini menambahkan, bahwa skuad besutannya bisa menjadi juara EURO 2020 karena telah melakukan pekerjaan yang brilian selama turnamen berlangsung. Bahkan, Mancini menekankan, kalau Azzurri adalah tim yang identik dengan kemenangan.

"Kami telah bermain dengan sangat baik, tidak pernah ada masalah sejauh ini dan para pemain pantas mendapatkan pujian untuk itu. Tidak hanya di lapangan, mereka melakukan pekerjaan brilian di manapun, tetapi saya pikir itu adalah fakta bahwa kami telah mampu menempa semangat tim ini," ujarnya.

"Mereka telah menciptakan sesuatu yang tidak pernah bisa dipisahkan ke depan. Mereka akan selalu identik dengan kemenangan ini karena mereka sangat menghormati satu sama lain" tutur mantan manajer Manchester City tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya