Nahas, Petugas Medis Wafat Saat Kerusuhan Duel Nigeria Vs Ghana

Pendukung Timnas Nigeria merangsek masuk lapangan
Sumber :
  • AP Photo/Sunday Alamba

VIVA – Kabar duka menyelimuti dunia sepakbola, seorang dokter FIFA wafat saat pertandingan antara Nigeria versus Ghana. Apa penyebabnya?

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Pertandingan antara Nigeria dan Ghana di leg kedua playoff Piala Dunia 2022 zona Afrika memang diselimuti ketegangan. Duel yang digelar di Abuja National Stadium pada Rabu 30 Maret 2022 tak henti-hentinya memberikan kejutan. 

Diawali laga penuh drama dimana skor berakhir 1-1 yang mengantarkan Ghana menyegel tiket ke Piala Dunia 2022. Ghana menang dengan kemenangan gol tandang sebab di leg pertama skor imbang tanpa gol 0-0.

Geser Lionel Messi, Pemain Timnas Indonesia Ini Masuk Daftar Top Skor Kualifikasi Piala Dunia

Pendukung Timnas Nigeria merangsek masuk lapangan

Photo :
  • AP Photo/Sunday Alamba

Setelah itu, kerusuhan terjadi. Suporter tuan rumah disinyalir tak terima dengan kegagalan Nigeria lolos ke Piala Dunia 2022, sejumlah fans membanjiri lapangan. 

Geser Malaysia dan Singapura, Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat

Fasilitas dirusak, seperti bench pemain hingga papan ganti. Kondisi tersebut membuat petugas keamanan turun tangan untuk mencegah kerusuhan makin meluas. 

Tembakan air mata dilepaskan, massa perlahan bubar. Namun kabar mengejutkan datang setelah itu. 

Dokter medis spesial doping, Joseph Kabungo dikabarkan meninggal dunia saat bertugas. Hal ini diketahui melalui cuitan Asosiasi Sepakbola Zambia (FAZ) di akun media sosial twitter resminya. 

"Asosiasi Sepakbola Zambia dan keluarga sepakbola lain berduka cita atas meninggalnya Dr Joseph Kabungo. Dia adalah petugas media FIFA yang bertugas di Abuja untuk leg kedua pertandingan Nigeria dan Ghana yang berakhir 1-1," tulisnya.

Sampai berita ini diturunkan tidak diketahui secara pasti apa penyebab dari meninggalnya Joseph.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya