Pembukaan EURO 2024 Digelar di Munich, Final di Berlin

Markas Bayern Munich, Allianz Arena
Sumber :
  • Dok. Allianz

VIVA – Komite eksekutif UEFA telah menyetujui jadwal pertandingan EURO 2024 yang akan berlangsung di 10 kota di Jerman dari 14 Juni 2024 hingga 14 Juli 2024. Pertandingan pembukaan akan digelar di Munich Football Arena, dan final berlangsung di Olympiastadion Berlin.

Profil Allianz Arena, Markas Bayern Munich Venue Pembukaan Piala Eropa 2024

Tuan rumah Jerman akan menjadi tim pertama di Grup A dan akan memainkan pertandingan pembukaan di Munich Football Arena pada 14 Juni 2024.

Trofi Piala Eropa 2020

Photo :
Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Jadwal dan waktu kick off lebih lanjut akan diumumkan saat undian putaran final pada 2 Desember 2023 di Elbphilharmonie di Hamburg. Sedangkan, undian kualifikasi akan berlangsung pada 9 Oktober 2022 di Festhalle Frankfurt.

"Saya yakin EURO 2024 akan menjadi turnamen yang sangat menarik. Banyak tim terbaik di dunia akan bertanding di negara yang terletak di jantung Eropa," kata direktur turnamen EURO 2024, Philipp Lahm, seperti dikutip dari situs resmi UEFA, Selasa 10 Mei 2022.

Bruno Fernandes Bicara Masa Depannya Bersama Manchester United

"Kita bisa melihat maju ke pertandingan-pertandingan hebat dan turnamen yang menarik di setiap aspek, tepat di belakang halaman kami sendiri. Memiliki Piala Eropa di kandang membuat acara hebat ini menjadi sesuatu yang lebih emosional daripada biasanya di EURO," ujarnya.

Untuk pertama kalinya, faktor geografis dimasukkan ke dalam peraturan turnamen, dan sebagai akibatnya, tiga kelompok tempat telah ditetapkan: 'Utara/Timur Laut' (Berlin, Hamburg, Leipzig), 'Barat' (Dortmund, Dusseldorf, Frankfurt, Gelsenkirchen, Cologne), 'Selatan' (Frankfurt, Munich, Stuttgart).

Pertandingan di masing-masing grup akan berlangsung hanya di dua cluster, yang nantinya bakal mengurangi jarak perjalanan tim dan penggemar antara kota tuan rumah, serta mendukung delegasi tim untuk berpergian dengan kereta api atau bus dari basecamp mereka ke tempat pertandingan selama babak penyisihan grup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya