Gol Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Mulai dari Solo Run Maradona hingga Sundulan Terbang RvP

Penyerang Belanda, Robin van Persie, saat lawan Spanyol
Sumber :
  • Zimbio

VIVA Bola – Piala Dunia merupakan turnamen sepakbola paling akbar yang mempertemukan antar negara terbaik. Ajang empat tahunan itu kerap memunculkan kisah yang sulit dilupakan bagi pecinta sepakbola.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Selain mencari juara, terdapat momen-momen indah yang dikenang oleh para penikmatnya, termasuk gol-gol indah. Dari 21 edisi, sudah banyak gol yang tercipta di turnamen paling bergengsi tersebut.

Ada beberapa pemain yang pernah berlaga di Piala Dunia masuk dalam daftar 5 gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia. Berikut 10 gol terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia, yang VIVA Bola himpun.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

1. Diego Maradona

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

Posisi pertama gol terbaik ditempati legenda Timnas Argentina, Diego Maradona. Mantan pemain Napoli ini pernah melesakkan gol indah di Piala Dunia.

Tepatnya di Piala Dunia 1986 Meksiko kala Argentina melawan Inggris di partai final. Ketika itu Diego Maradona berhasil mengelabui 4 pemain Inggris dari tengah lapangan dengan solo run. Ia juga sempat mengecoh penjaga gawang sebelum menceploskan bola ke gawang Inggris.

2. Zinedine Zidane

Setelah 7 menit memasuki pertandingan sepakbola terakhirnya, Zinedine Zidane diserahkan tanggung jawab untuk menyelesaikan tendangan penalti. Di momen final Piala Dunia 2006 Jerman yang begitu menegangkan bagi para pemain dan penonton, tidak ada yang menyangka kapten Prancis ini akan melakukan tendangan Panenka. Buffon pun terkecoh dan bola terjatuh sedikit melewati garis gawang.

Hal yang semakin membuat gol ini begitu spesial dan dikenang adalah Zidane kemudian terlibat dalam drama 'tandukan' terhadap Marco Materazzi dan berbuah kartu merah. Pertandingan pun berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal dan Italia berhasil menang 5-3 lewat adu penalti.

3. Ronaldinho

Gol indah pernah tercipta ketika Brasil berhadapan dengan Inggris di laga perempatfinal Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang. Ronaldinho yang saat itu masih memperkuat PSG melesakkan gol indah.

Gol tersebut dia cetak ketika berada di posisi tengah lapangan. Saat itu penjaga gawang sudah melangkah terlalu jauh di depan gawang. Lalu Ronaldinho langsung menendang bola ke gawang Inggris yang saat itu dikawal David Seaman.

4. Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp, salah satu pemain di generasi emas Belanda di kala itu berhasil mencetak gol yang sangat menghebohkan para penonton hingga komentatornya di Piala Dunia 1998 Prancis. Alasannya, Bergkamp menjinakkan umpan jauh (60 yard) dari Frank de Boer, lalu ia menyonteknya melewati seorang pemain, dan langsung menceploskan bola menggunakan sisi luar kakinya masuk ke pojok atas gawang.

Momennya juga cukup spesial, gol kemenangan ini dicetak di menit ke-89 dalam laga semifinal melawan Argentina yang juga berlimpah bintang. Saking luar biasanya, Anda bisa mendengar kehisterisan komentator yang mengocok perut di video di atas. Belanda berhasil menang 2-1 di pertandingan tersebut.

5. Jorge Burruchaga

Kekerenan gol yang satu ini juga diawali dari operan fantastis salah satu legenda sepakbola, Diego Maradona. Di pertandingan final Piala Dunia 1986 Meksiko yang berlangsung sangat sengit ini, Timnas Jerman Barat berhasil menyamakan kedudukan setelah ketinggalan dua gol.

Namun, 6 menit menuju pertandingan selesai, Maradona berhasil mengecoh tiga pemain sekaligus dengan operan first-time ke Jorge Burruchaga. Kemudian, Burruchaga berlari kencang ke arah gawang dan Harald Schumacher pun berusaha mencegatnya. Namun, gol berhasil tercipta dan tim Tango pun berhasil menang 3-2.

6. Marco Tardelli

Untuk gol kali ini, mungkin selebrasinya yang heboh dan emosional lebih menjadi fokus dibandingkan gol yang tercipta. Gol ini merupakan hasil dari counter attack indah, yang melibatkan Cruyff Turn, backheel, sebuah flick, dan usaha Tardelli yang berbuah gol ke gawang Harald Schumacher.

Setelah mencetak gol, Tardelli pun berlari kencang sambil berteriak ke arah teman-temannya yang turut menyambut dengan histeris. Italia pun berhasil memenagkan pertandingan final Piala Dunia 1982 Spanyol dengan skor 3-1.

7. Giovanni van Bronckhorst

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan juga pernah mencatatkan gol indah. Pertandingan Belanda melawan Uruguay di semifinal pun menjadi salah satunya.

Kala itu mantan kapten Belanda, Giovanni van Bronckhorst sedang menggiring bola di sisi kanan pertahanan Uruguay. Tak disangka dia langsung menendang bola dari jarak 30 meter.

Bola pun tak bisa diantisipasi penjaga gawang Uruguay. Gol tersebut menjadi salah satu gol terbaik di Piala Dunia 2010.

8. Pele

Ini adalah gol dari calon superstar sepakbola untuk berpuluh-puluh tahun yang akan datang. Pele berhasil melunakkan bola yang jatuh tajam dengan dadanya, kemudian ia menyontek bola agar tidak direbut pemain belakang, dan melesakkan tendangan voli ketika bola hampir menyentuh tanah ke pojok bawah gawang.

Pele yang ketika itu baru berusia 17 tahun menunjukkan skill dan kedewasaan seorang pemain veteran. Brasil berhasil menang dengan skor 5-2 atas tuan rumah Swedia di final Piala Dunia 1958.

9. Robin van Persie

Salah satu gol terbaik Piala Dunia pernah diciptakan mantan pemain Manchester United dan Arsenal, Robin van Persie. Kala itu Belanda berjumpa dengan Spanyol di fase grup Piala Dunia 2014 Brasil. 

Diawali pergerakan Daley Blind di sisi kanan pertahanan Spanyol. Ia memberi umpan lambung ke Robin van Persie yang berdiri 15 meter di depan gawang iker Casillas. RvP pun langsung menyundul bola sambil terbang dan masuk tanpa bisa dijangkau sang kiper Spanyol.

10. Carlos Alberto

Untuk gol terbaik yang terakhir terjadi di final Piala Dunia 1970 Meksiko, gol ini diawali oleh Tostao yang mengoper dari posisi bek kiri ke Clodoaldo yang berhasil menggiring bola dan mengecoh 4 pemain Italia. Kemudian Pele memberikan sentuhan magisnya ke Carlos Alberto yang berlari kencang ke arah gawang. Sang kapten pun menendang keras bola ke sudut gawang, dan gol.

Gol Alberto merupakan hasil kerjasama tim Brazil yang mengoper-oper bola dengan begitu indahnya. Bahkan FIFA juga memberikan penghargaan dan menyebut gol ini sebagai gol tercantik di sejarah Piala Dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya