Deretan Momen Ikonik dan Viral di Piala Dunia 2022, Salah Satunya Tangisan Ronaldo

Kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – Kompetisi sepakbola negara-negara terbaik di jagad raya, Piala dunia 2022, sudah memasuki babak akhir. Final Piala Dunia 2022 akan mempertemukan Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu, 18 Desember 2022 dini hari WIB.

Miris, Video Seorang Petani Menangis Histeris Gegara Harga Jagung Anjlok Drastis

Selama hampir satu bulan penyelenggaraan, Piala Dunia 2022 menghadirkan tontonan spektakuler dari seluruh tim terbaik dunia. Itu tidak hanya dirasakan dari pemain yang beraksi di lapangan, tapi juga publik yang berada di luar arena.

Timnas Argentina rayakan keberhasilan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022.

Photo :
  • FIFA.com
Viral Pernikahan dengan Suvenir Unik di Mojokerto: Anak Ayam Warna-Warni

Piala Dunia 2022 pun meninggalkan berbagai momen ikonik menghebohkan. Berikut deretan momen ikonik yang viral di turnamen empat tahunan yang diadakan di Qatar:

1. Argentina Kalah dari Arab Saudi

Momen Epik Ketika Pemilik BCA Jadi Nasabah BRI

Laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Arab Saudi adalah kejutan di awal turnamen. Tampil sebagai unggulan, Argentina justru kalah dari Arab Saudi.

La Albiceleste sebenarnya lebih unggul dulu lewat penalti gol Lionel Messi. Tapi Arab Saudi berhasil comeback dengan dua gol yang disarangkan Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari. Namun Argentina berhasil bangkit dan melaju hingga ke partai final.

2. Aksi Tutup Mulut Pemain Jerman

Pemain Timnas Jerman protes atas larangan ban kapten One Love oleh FIFA

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Pemain timnas Jerman melakukan aksi tutup mulut sebelum melawan Jepang di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022. Itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap larangan kampanye LGBT di Qatar.

Aksi tutup mulut pemain Jerman dilakukan dalam sesi foto sebelum kick-off. Namun Jerman harus kalah 1-2 dari Jepang dalam laga tersebut sehingga mendapat cibiran dari banyak orang.

3. Gol Kontroversial Jepang Lawan Spanyol

Gol kedua Jepang ke gawang Spanyol yang jadi kontroversi

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek

Jepang berhasil menang 2-1 atas Spanyol di laga pamungkas Grup E sekaligus memastikan tiket ke babak 16 besar. Namun dalam prosesnya, gol kemenangan Jepang diwarnai kontroversi.

Sebelum Ao Tanaka mencetak gol kedua, umpan Kaoru Mitoma menjadi perbincangan panas karena bola dianggap sudah keluar garis lapangan. Namun perangkat pertandingan tetap mengesahkan gol tersebut.

FIFA menyampaikan pernyataan bahwa gol Ao Tanaka benar-benar sah. Bola yang hendak ditendang Mitoma ternyata masih ada di dalam wilayah garis lapangan meski sangat tipis.

4. Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion

Aksi suporter Timnas Jepang pungut sampah di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo

Aksi positif dilakukan suporter Jepang di Piala Dunia 2022. Mereka membersihkan tribun stadion setelah pertandingan selesai. Menariknya, aksi itu tidak hanya dilakukan ketika timnas Jepang bertanding. Suporter asal Jepang juga membersihkan sampah di tribun penonton di pertandingan lainnya.

Gestur menakjubkan itu juga dilakukan oleh pemain timnas Jepang. Setelah bertanding, Takumi Minamino dan kawan-kawan membersihkan ruang ganti pemain dan memberikan pesan spesial 'Terima Kasih' serta bebek kertas lipat origami.

5. Ronaldo Menangis

Cristiano Ronaldo saat Portugal melawan Swiss di Piala Dunia 2022

Photo :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

Cristiano Ronaldo tak bisa menyembunyikan rasa kecewa setelah Portugal tersisih dari Piala Dunia 2022. Kekalahan dari Maroko begitu menyakitinya.

Pemain 37 tahun itu tertangkap kamera menangis tersedu-sedu saat berjalan melewati lorong stadion menuju ruang ganti. Momen itu terjadi ketika sebagian besar rekan-rekan setimnya masih berada di lapangan selepas pertandingan.

Kegagalan Ronaldo di Piala Dunia 2022 membuatnya terpaksa harus melupakan mimpi mengangkat trofi impian. Sebab, besar kemungkinan dirinya tidak akan tampil di edisi Piala Dunia berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya