Final Piala Dunia 2022: Messi Ganas, Argentina buat Prancis Tak Berdaya di Babak I

Final Piala Dunia 2022, Timnas Argentina vs Timnas Prancis
Sumber :
  • AP Photo/Manu Fernandez

VIVA Bola – Timnas Argentina menghadapi Timnas Prancis pada final Piala Dunia 2022 yang digelar di Lusail Stadium, Minggu 18 Desember 2022. Untuk sementara, Argentina memimpin 2-0 di babak pertama.

Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Argentina mengambil inisiatif serangan di awal babak pertama. Tim Tango mengandalkan serangan dari sisi sayap.

Alexis Mac Allister sempat menguji ketangkasan dari Hugo Lloris di menit kelima. Dia melepaskan tembakan jarak jauh yang masih jatuh ke pelukan sang kapten Prancis.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Argentina terus melancarkan gelombang serangan ke pertahanan Prancis. La Albiceleste tampak ingin mengincar gol cepat.

Pasukan Lionel Scaloni terus menebar ancaman ke pertahanan Les Bleus. Giliran Angel Di Maria yang melepaskan tembakan memantfaatkan kemelut di kotak penalti Prancis di menit 17. Sayang, upayanya masih melambung.

Profil Ilaix Moriba, Mantan Setim Messi di Barcelona Bisa Bahayakan Timnas Indonesia

Dua menit berselang, Prancis akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menekan pertahanan Argentina. Dari tendangan bebas Antoine Griezmann di pinggir kotak penalti, Olivier Giroud menyambut bola dengan tandukan tajam, namun melambung tipis di atas mistar gawang.

Serangan tanpa henti Argentina akhirnya berbuah manis di menit 23. Diawali pelanggaran kepada Di Maria, wasit menunjuk titik putih.

Lionel Messi yang jadi algojo tanpa kesalahan mengecoh Lloris dengan menempatkan bola ke sisi kiri gawang. Argentina sementara unggul 1-0.

Argentina terlihat makin nyaman menguasai pertandingan usai membobol gawang Prancis. Terbukti, 13 menit berselang, Tim Tango kembali menambah pundi-pundi golnya.

Berawal dari umpan Messi kepada Alexis Mac Allister, yang kemudian diteruskan kepada Di Maria yang mengakhirinya dengan gol. Dia menaklukkan Lloris setelah mengarahkan bola ke sisi kiri gawang.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, melakukan pergantian awal jelang turun minum guna menambah agresivitas serangan. Tapi, Les Bleus masih belum mampu membongkar pertahanan Argentina.

Skor 2-0 mengakhiri babak pertama.

Susunan Pemain

Argentina: Emiliano Martinez (PG); Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo De Paul, Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister, Angel Di Maria, Lionel Messi, Julian Alvarez.

Prancis: Hugo Lloris (PG); Theo Hernandez, Dayot Upamecano, Raphael Varane, Jules Kounde, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani 41'), Olivier Giroud (Marcus Thuram 41').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya