Malaysia Mau Ajukan Keluhan Resmi soal Wasit Piala AFF 2022

Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022
Sumber :
  • AFF

VIVA Bola – Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) mau mengajukan protes resmi kepada Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) terkait dengan kinerja wasit asal Jepang, Ryuji Sato. Timnas Malaysia merasa dirugikan oleh dia saat melawan Timnas Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2022 di My Dinh Stadium, kemarin malam WIB.

Shin Tae-yong Beber Alasan 'Sentil' AFC

Sekretaris Jenderal FAM, Noor Azman Rahmad mengatakan, ada dari pihaknya yang akan melakukan penilaian terhadap kinerja Ryuji Sato. Dari sana baru akan diajukan surat protes resmi ke AFF.

"Laporan akan diselesaikan secepat mungkin. Harapannya besok, sebelum kita antar surat protes kepada AFF, Jumat ini," kata Noor Azman, dikutip dari Berita Harian.

Jelang Indonesia U-23 Vs Irak U-23, Shin Tae-yong 'Sentil' AFC

Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022

Photo :
  • AFF

Malaysia merasa dirugikan oleh keputusan Sato saat kalah 0-3 dari Vietnam. Ada momen di mana mereka mendapat hukuman penalti, dan pemainnya diganjar kartu merah.

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

Momen itu terjadi saat pertandingan memasuki babak kedua. Bek Malaysia, Azam Azmi Murad terlibat friksi dengan pemain Vietnam, Doan Van Hau usai saling berebut bola.

Azam terlihat melakukan tindakan di luar batas kepada Van Hau yang berada di luar lapangan. Sato menganggap itu sebagai pelanggaran dan menunjuk titik putih.

Vietnam vs Malaysia di Piala AFF 2022

Photo :
  • AFF

Bagi pendukung Malaysia, hukuman penalti itu mengada-ada. Karena insiden Azam dengan Van Hau ada di luar lapangan, dan itu tidak harus jadi penalti.

Karena tindakan Azam kepada Van Hau, wasit menganggapnya layak mendapat kartu merah. Itu menambah derita Malaysia yang sedang berupaya mengejar ketertinggalan skor.

Kontroversi ini menjadi bahasan di media sosial suporter Malaysia. Mereka lalu mengungkit Sato pernah juga merugikan Malaysia saat melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Ketika itu Sato juga memberi hukuman penalti kepada Malaysia. Akibatnya Harimau Malaya takluk dengan skor 1-2 dari Vietnam.

Kemarahan suporter Malaysia dilampiaskan ke media sosial Sato. Kolom komentar Instagram dipenuhi dengan pesan negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya