Curhat Jose Mourinho Usai AS Roma Tembus Final Liga Europa

Bayer Leverkusen vs AS Roma
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA Bola – AS Roma berhasil mencapai final Liga Europa 2023. Mereka mengalahkan Bayer Leverkusen dengan agregat 1-0. Raihan itu tak lepas dari hasil imbang tanpa gol dalam leg kedua semifinal yang berlangsung di BayArena, Jumat dini hari WIB 19 Mei 2023.

Dapat Kuota Tambahan, Serie A dan Bundesliga Kirim 5 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Pelatih Roma, Jose Mourinho benar-benar bangga dengan capaian anak asuhnya ini. Bukan tanpa alasan juru taktik berjuluk The Special One merasakan hal itu, karena mereka belakangan ini mendapat kesulitan.

Sejumlah pemain kunci Roma harus absen karena cedera, seperti Paulo Dybala, Chris Smalling, dan Georginio Wijnaldum. Mereka tidak bisa dimainkan sejak menit pertama.

16 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan, Siap-siap dengan Format Baru!

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Cuma Smalling dan Wijnaldum yang bisa diturunkan oleh Mourinho sebagai pengganti. Namun, kesulitan tak berhenti sampai di sana. Karena dua pemain sayap mereka, Leonardo Spinazzola dan Zeki Celik mengalami masalah di tengah pertandingan hingga harus diganti.

Skenario Bundesliga Kirim 6 Wakil ke Liga Champions Musim Depan

Roma secara tim menurut Mourinho bagusnya memiliki solusi untuk menghadapi segala rintangan yang ada. Dia memberi pujian kepada pemain yang telah bersikap luar biasa.

"Dengan semua yang telah kami kumpulkan dalam dua tahun ini, para pemain telah banyak belajar. Kami tiba di sini dalam kesulitan Dybala, Smalling, dan Wijnaldum cedera dan kami harus main sebulan tanpa mereka dalam pertandingan penting," kata Mourinho, dikutip dari Football Italia.

AS Roma di Liga Europa

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

"Ada cedera pada Spinazzola dan Celik. Kardsorp absen, tapi tim selalu menemukan solusi pada level manusia. Bagi saya bukan cuma kesenangan, tapi suatu kehormatan untuk bekerja dengan orang-orang ini," imbuhnya.

"Luar biasa. Bahkan Smalling dalam situasi ekstrem telah memberikan keinginan untuk bermain. Para pemain saya fantastis."

Di babak final nanti, Roma berhadapan dengan Sevilla yang lolos setelah menyingkirkan Juventus. Mourinho memiliki peluang meneruskan tren positif di kompetisi regional, setelah tahun lalu juara Liga Konferensi Eropa.

Melalui Liga Europa ini, Roma juga bisa mendapatkan tiket menuju Liga Champions. Tiket yang sulit mereka dapatkan jika harus melalui jalur kompetisi Serie A.

"Saya tidak memikirkan Liga Champions. Saya memikirkan final untuk dimainkan dengan memberikan semua yang kami miliki seperti yang selalu kami lakukan. Ada trofi di sana, dan kami ingin membawanya pulang," tutur Mourinho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya