Gokil! Pep Guardiola Jadi Pelatih Pertama yang Raih 2 Kali Treble Winners

Manajer Manchester City, Pep Guardiola
Sumber :
  • AP Photo/Francisco Seco

Jakarta – Manchester City berhasil meraih pencapain baru dalam sejarah klub, menjuarai Liga Champions untuk pertama kalinya usai menekuk Inter Milan dengan skor 1-0 di pertandingan final Minggu, 11 Juni 2023 dini hari WIB.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Selain pencapaian klub, kesuksesan The Citizens menyabet gelar perdana mereka ini juga menjadi catatan rekor untuk Pep Guardiola selaku manajer tim. 

Manajer

Photo :
  • 618207
Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Setelah berada di Etihad Stadium selama tujuh tahun, akhirnya pelatih asal Spanyol itu berhasil mempersembahkan trofi si Kuping Besar. Selain itu dia juga menjadi pelatih pertama yang berhasil meraih dua treble winner.

Adapun pencapaian luar biasa ini pernah ditorehkan Guardiola saat dirinya masih menahkodai Barcelona di musim 2008-2009. Saat itu dia mengantar Lionel Messi cs meraih gelar juara La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions dalam satu musim.

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Setelah itu, Guardiola selalu menemui kegagalan untuk mengulang prestasi di Bayern Munich mulai 2013 hingga 2016.

Empat belas tahun berlalu, pencapaian spektakuler terulang, kali ini dia kembali meraih treble winners bersama Manchester City usai membawa pulang trofi Liga Premier Inggris, Piala FA dan Liga Champions ke Etihad Stadium.

Gol semata wayang berhasil diraih Manchester City melalui kaki Rodri usai menerima umpan dari Bernardo Silva. Sepakan kerasnya pada menit ke-68 membuat Andre Onana harus memungut bola dari dalam gawang.

Manajer

Photo :
  • 607893

Tak menyerah, Inter nyaris menyamakan kedudukan di menit 70 melalui tandukan Federico Dimarco. Sayang, usahanya tidak membuahkan hasil lantaran bola membentur tiang gawang.

Skor 1-0 tetap bertahan hingga wasit, Szymon Marciniak meniup peluit panjang. Sontak seluruh pemain dan ofisial Manchester City, termasuk Pep Guardiola yang ada di pinggir lapangan pun bersorak kegirangan atas hasil tersebut.

Pujian untuk Guardiola pun langsung dilontarkan oleh salah satu legenda Manchester United, Rio Ferdinand. Menurutnya pria plontos asal Spanyol itu adalah salah satu manajer terbaik sepanjang masa.

“Apakah dia (Guardiola) membutuhkan pertandingan ini agar diakui sebagai salah satu yang terhebat? Saya pikir kami semua setuju. Dia meminta timnya melukis gambar yang belum pernah kami lihat seumur hidup,” ujar Ferdinand dikutip dari SportsMax, Minggu, 11 Juni 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya