Deretan Pemain Asing di J League 2023

Pemain asing di J League 2023
Sumber :
  • Dok. J League

Jepang – Banyak bintang asing yang mentas di J League 2023. Mulai dari Brasil, Korea Selatan, hingga Thailand, memiliki perwakilan di kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang ini.

Oxford United Tumbangkan Peterborough di Semifinal Playoff League One Inggris

Sejak dua musim lalu, J League tidak menetapkan batasan pemain asing yang bisa direkrut dalam satu tim. Akan tetapi, maksimal lima orang yang bisa didaftarkan dari 18 pemain dalam satu pertandingan.

Aturan ini tak berlaku untuk pemain yang negaranya sudah kerja sama dengan J League. Mereka yang berasal dari negara kerja sama tak dihitung sebagai pemain asing dan tak masuk pembatasan tiap pertandingan.

Dua Pemain Indonesia Dikirim ke Jerman, Berpeluang Direkrut Borussia Monchengladbach

Pemain asing di J League 2023

Photo :
  • Dok. J League

Sejauh ini, negara yang bekerja sama dengan J League adalah Qatar, Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Indonesia.

Performa Indonesia di Piala Asia U-23 Pertanda Masa Depan Cerah

Ada juga pengecualian aturan tentang pemain warga negara asing, tapi lahir di Jepang. Pemain asing yang pernah menempuh pendidikan di sekolah negeri Jepang juga memiliki pengecualian.

Total ada 85 pemain asing yang terdaftar di J League 2023. Rasionya adalah 14 persen dari semua pemain yang terdaftar di seluruh klub. Brasil jadi penyumbang terbanyak dengan 45 pemain.

Pemain asing di J League 2023

Photo :
  • Dok. J League

Di urutan kedua asal pemain asing terbanyak adalah Korea Selatan, dengan jumlah 13. Selanjutnya Belanda yang memiliki tiga pemain di J League musim ini.

Pemain dari Asia Tenggara yang mentas di J League musim ini ada tiga. Supachok Sarachat asal Thailand main di Consadole Sapporo. Lalu ada Ekanit Panya di Urawa Red Diamonds. Satu pemain lagi adalah Nguyen Cong Phuong dari Vietnam yang main di Yokohama FC.

Yokohama FC menjadi tim paling banyak memiliki pemain asing, yakni delapan. Selain Nguyen Cong Phuong, ada enam pemain berasal dari Brasil dan satu dari Jerman.

Pemain asing di J League memiliki sejarah panjang. Dimulai pemain asal Belanda, Henny Meijer mencetak gol perdana saat membela Verdy Kawasaki melawan Yokohama Marinos pada 1993.

Legenda Brasil, Zico juga pernah berkarier di J League. Dia menjadi pemain asing pertama yang mencetak hattrick saat main untuk Kashima Antlers melawan Nagoya Grampus.

Kiper asal Korea Selatan yang membela Kim Jin-hyeon menjadi pemain asing paling banyak bermain di J League. Gabung sejak 2009, total dia sudah mencatatkan 370 penampilan.

Untuk pemain asing dengan jumlah gol terbanyak adalah Marquinhos. Pemain asal Brasil ini mencetak 152 gol untuk tujuh klub berbeda sejak main di J League pada 2001 hingga 2015.

Untuk lebih lengkap bisa saksikan video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya