Panas, Legenda Jerman Nilai Messi Tak Pantas Raih Ballon d'Or 2023

Striker Inter Miami, Lionel Messi sabet Ballon d Or 2023
Sumber :
  • AP Photo/Michel Euler

VIVA – Lothar Matthaeus, legenda Timnas Jerman menilai Lionel Messi tidak pantas menerima penghargaan Ballon d'Or 2023. Dia penyebut, pemain inilah yang pantas mendapatkannya.

Cek Fakta: Timnas Indonesia U-23 Dibela Ronaldo dan Messi Akibat Dicurangi Wasit di Piala Asia

Lionel Messi resmi dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia. Dalam seremoni Ballon d'Or di Theatre du Chatelet, Paris, Selasa, 31 Oktober 2023, dia berada di peringkat satu dalam penilaian, mengalahkan dua pesaingnya yaitu Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Namun, Lothar Matthaeus menggugat kemenangan Messi. Dia menilai, Erling Haaland adalah pemain yang paling pantas meraih penghargaan elite itu.

Ngambek saat Ditarik Keluar, Erling Haaland Disemprot Legenda MU: Anak Manja!

Dia mengungkapkan, apa yang dilakukan Haaland pada musim 2022-2023 sungguh luar biasa. Penyerang Manchester City itu tampil sensasional di musim debutnya bersama The Citizen. 

Sebanyak 52 gol dan sembilan assist diciptakan Haaland dalam 53 penampilan untuk membantu Man City memenangi treble bersejarah. Pada prosesnya, Haaland mendapatkan gelar hiburan berupa trofi Gerd Muller (striker terbaik).

Kata Pep Guardiola Usai Erling Haaland Cetak 4 Gol Lawan Wolves

"Bagi saya, tidak ada yang lain selain Erling Haaland. Menurut saya, Haaland itu pemain terbaik dalam 12 bulan terakhir, yang sudah memenangi gelar-gelar bergengsi dengan Manchester City dan dalam prosesnya menciptakan rekor gol," kata Matthaeus.

"Votingnya menggelikan, sekalipun saya itu seorang penggemar Messi. Sepanjang tahun lalu, Haaland tampil lebih baik daripada Messi. Seharusnya bukan Messi yang menang. Artinya Piala Dunia berarti dinilai lebih daripada kompetisi lainnya," ucap Matthaeus.

Ya, Messi memang menjadi aktor utama kemenangan Argentina di Piala Dunia 2022 lalu. Pemain ikonik berusia 36 tahun itu mengemas tujuh gol plus tiga assist dalam tujuh penampilan di Qatar. 

Sedangkan di level klub, Lionel Messi mencetak 21 gol dan 20 assist untuk Paris Saint-Germain tapi hanya memenangi Ligue 1 di akhir 2022/2023.

Bagi Messi, ini adalah Ballon d'Or yang ke delapan yang pernah ia raih. Sebelumnya, Messi memenangkan gelar tersebut pada 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021. 

Dengan demikian, Messi semakin sulit dikejar dalam perburuan penghargaan individual prestisius ini. Belum ada satu pemain yang mampu menyamai prestasi sang megabintang hingga saat ini.

Cristiano Ronaldo adalah kolektor Ballon d'Or terbanyak setelah Messi. Hingga kini Ronaldo telah mengantongi lima gelar. Tampaknya sulit mengejar capaian La Pulga, lantaran Ronaldo kini sudah berusia 38 tahun.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya