Komentar Pemain Piala Dunia U-17 soal Lapangan dan Rumput Jakarta International Stadium

Inggris U-17 vs New Caledonia U-17 di Piala Dunia U-17
Sumber :
  • Dok. LOC WCU17/BRY

Jakarta – Rumput Jakarta International Stadium kembali menjadi bahasan hangat di media sosial pada Sabtu 11 November 2023. Banyak yang menganggap kualitas rumput JIS saat menggelar pertandingan Grup C Piala Dunia U-17 antara Inggris U-17 vs New Caledonia U-17 sangat buruk.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Dari tayangan di televisi, terlihat seperti ada bagian rumput yang mengering. Polemik beberapa waktu lalu soal pergantian rumput JIS oleh PSSI karena dianggap tak sesuai standar FIFA diungkit.

Saat JIS diajukan oleh PSSI untuk menjadi lokasi perhelatan Piala Dunia U-17, ada permintaan untuk mengganti rumputnya. Alasannya, rumput yang digunakan di awal bukan standar FIFA.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Inggris U-17 vs New Caledonia U-17 di Piala Dunia U-17

Photo :
  • Dok. LOC WCU17/BRY

Ketika itu soal pergantian rumput ini merembet menjadi isu politik. Mereka yang pro kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menganggap, alasan tersebut memiliki motif politik.

PSSI Minta Maaf Usai Komentar Rasis Serbu Instagram Federasi Sepakbola Guinea

Isu-isu seperti itulah yang kemudian muncul lagi. Di media sosial kemudian ramai orang membandingkan rumput mana yang paling bagus, versi awal atau sesusah diganti oleh PSSI.

Tapi, ketika ditanyakan kepada para pemain yang merasakan rumput JIS, komentarnya justru berbeda. Pemain Inggris U-17, Ethan Nwaneri mengatakan tidak ada masalah dengan rumput saat bermain.

Inggris U-17 vs New Caledonia U-17

Photo :
  • englandfootball.com

"Tidak masalah, semuanya bagus," kata Nwaneri saat ditemui usai pertandingan.

Pemain Inggris U-17 lainnya, Sam Amo-Ameyaw juga mengutarakan hal senada. Bahkan menurut dia, lapangan JIS dengan yang biasa digunakan di Inggris tidak ada beda.

"Ya, lapangan di Inggris juga bagus, tidak ada perbedaan. Sejujurnya sama saja," ujar Sam Amo-Ameyaw.

Justin Oboavwodou yang menyumbangkan dua gol untuk Inggris U-17 ke gawang New Caledonia turut memberi pujian. Dia bahkan menilai JIS adalah stadion yang memiliki keindahan.

"Rumputnya bagus, permukaannya juga, mirip seperti lapangan yang biasa kita mainkan di Inggris. Kami sangat senang bisa bermain di stadion ini dan mendapatkan hasil yang bagus hari ini," tutur Justin Oboavwodou.

"Tentu saja kami senang bermain di stadion ini. Kami sudah mulai terbiasa dengan stadion ini, cuaca di sini. Ini stadion yang sangat indah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya