Fakta di Balik Kesuksesan Lazio Bikin Bayern Munich Tumpul

Lazio menghadapi Bayern Munich di Liga Champions
Sumber :
  • AP Photo/Andrew Medichini

Italia – Lazio memaksa Bayern Munich pulang dari Stadion Olimpico dengan tangan hampa. Mereka mengakhiri pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis dini hari WIB 15 Februari 2024 dengan keunggulan 1-0.

5 Fakta Menarik Juventus Melangkah ke Final Coppa Italia

Ciro Immobile yang jadi penentu kemenangan tuan rumah pada pertandingan ini. Dia melesakkan bola ke dalam gawang Bayern lewat eksekusi penalti ketika laga memasuki menit 69.

Statistik mencatat, Bayern melakukan penguasaan bola mencapai 61 persen. Skuad asuhan Thomas Tuchel juga melakukan 17 percobaan ke gawang tuan rumah, akan tetapi tak ada satu pun yang mengarah tepat ke sasaran.

Termasuk Zinedine Zidane, Ini 5 Pelatih Pengganti Erik Ten Hag di Manchester United

Lazio menghadapi Bayern Munich di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Andrew Medichini

Mengutip Squawka, ini adalah catatan terburuk Bayern Munich di Liga Champions setelah 2019. Ketika itu mereka gagal juga melakukan satu pun tembakan yang mengarah ke sasaran di markas Liverpool pada babak 16 besar.

Zinedine Zidane Pilih Manchester United Ketimbang Bayern Munich

"Kami frustrasi dan marah atas kekalahan ini. Saya pikir kami kalah, tapi tidak yakin Lazio bisa memenangkan pertandingan. Saya tidak bisa menjelaskannya, tapi sudah minta tim untuk jaga intensitas dan lebih berani menyerang," kata Tuchel usai pertandingan, dikutip dari laman resmi UEFA.

Tuchel menilai, para pemain Bayern seperti kehilangan kepercayaan diri ketika menekan pertahanan Lazio. Ini kemungkinan dampak dari babak pertama yang tidak efisien saat mendapatkan peluang.

Lazio menjadi tim yang berhasil mengalahkan Bayern di leg pertama dalam 12 tahun terakhir. Mereka juga berhasil mematahkan dominasi raksasa Bundesliga itu atas wakil Italia.

Lazio menghadapi Bayern Munich di Liga Champions

Photo :
  • AP Photo/Andrew Medichini

Terakhir kali tim Italia yang berhasil mengalahkan Bayern Munich dalam kompetisi Eropa adalah Inter Milan, dan itu terjadi 13 tahun yang lalu.

Bagi Lazio kemenangan ini menambah goresan positif dalam sejarah tim. Karena sepanjang sejarah keikutsertaan di Liga Champions, ini adalah kemenangan kedua di babak gugur.

Kemenangan ini menjadi kado indah bagi suporter Lazio. Sejak awal para pemain memang bertekad untuk main semaksimal mungkin agar dapat hasil terbaik.

"Saya yakin tim akan memberikan segalanya. Saya telah mengatakan agar memberikan malam yang patut dikenang kepada suporter dan kami berhasil," tutur Immobile.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya