Duh Kasihan, 6 Klub Besar Ini Enggak Pernah Juara Liga Champions

Duel Arsenal vs Liverpool
Sumber :
  • AP Photo/Kin Cheung

Jakarta – Ternyata, ada sejumlah klub besar yang belum pernah menjuarai Liga Champions. Padahal, mereka memiliki sederet pemain bintang dan kerap berprestasi di level domestik.

Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Siapa sajakah klub-klub tersebut? Berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Napoli

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

AS Roma vs Napoli

Photo :
  • twitter.com/OfficialASRoma

Napoli menjelma menjadi kekuatan menakutkan di Serie A dalam beberapa musim terakhir. Bahkan, musim 2022/23 lalu, Partenopei sukses menyabet Scudetto setelah menanti selama 33 tahun.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Namun, prestasi tersebut tak diikuti dengan torehan apik di Liga Champions. Partenopei lebih banyak terhenti di fase awal. Pencapaian terbaik mereka adalah perempatfinal musim 2022/23 lalu.

Di musim ini, Napoli bertekad memberbaiki prestasi di Liga Champions. Sayang, mereka sudah harus bertemu lawan berat Barcelona di babak 16 besar.

2. PSG

Pemain PSG, Lee Kang-in

Photo :
  • Twitter PSG

Kekuatan uang menjadikan PSG sebagai tim yang menakutkan. Hal ini dibuktikan dengan dominasi PSG di Ligue 1. Dalam 11 musim terakhir, 9 gelar diraih Les Parisiens.

Di Liga Champions, nasib PSG berbanding terbalik. Kegagalan demi kegagalan terus terjadi, bahkan dengan cara yang menyakitkan.

Pencapaian terbaik PSG adalah menjadi runner up di musim 2019/20. Bahkan kedatangan Lionel Messi tak bisa membuat PSG juara Liga Champions.

3. Arsenal

Duel West Ham United vs Arsenal

Photo :
  • AP Photo/Ian Walton

Di era milenium, Arsenal sempat menjadi pesaing kuat Manchester United dalam perebutan gelar Premier League. Hal itu dibuktikan dengan gelar Premier League di musim  2001–02 dan 2003–04.

Namun, Arsenal selalu sial setiap tampil di Liga Champions. Sejak musim 2010-11 hingga 2016-17, The Gunners selalu terhenti di babak 16 besar. Pencapaian terbaik mereka adalah saat menjadi runner up di musim 2006-07.

4. AS Roma

Lazio vs AS Roma

Photo :
  • AP Photo/Gregorio Borgia

AS Roma termasuk kekuatan yang diperhitungkan di Italia. Giallorossi sukses merebut Scudetto Serie A di musim 2000-01.

Di Eropa, Roma belum pernah juara. Prestasi terbaik adalah menembus final di era European Cup di musim 1983-84. Di era milenium, Roma sempat menembus semifinal di musim 2017-18.

5. Atletico Madrid

Atletico Madrid vs Real Madrid

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Di bawah kendali Diego Simeone, Atletico Madrid sukses merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid di LaLiga. Los Rojiblancos menjadi penantang kuat gelar dari musim ke musim, dan sukses menjadi juara pada 2013-14 dan 2020-21.

Di Liga Champions, prestasi terbaik Atletico adalah menembus final pada 2013-14 dan 2015-16. Dalam dua kesempatan tersebut, mereka dikalahkan rival sekota, Real Madrid. Sebelumnya, di musim 1973-74 juga Atletico harus puas menjadi runner up.

Namun, Atletico masih punya taji di Liga Europa. Mereka tiga kali juara pada 2009-10, 2011-12, dan 2017-18.

6. Tottenham Hotspur

Pemain Tottenham Hotspur rayakan gol Richarlison

Photo :
  • AP Photo/Ian Walton


Dalam beberapa musim terakhir, Tottenham Hotspur senantiasa diperhitungkan di Premier League. Mereka konsisten berada di papan atas dan sempat menjadi runner up pada 2016-17.

Di Liga Champions, Spurs masih kesulitan untuk unjuk gigi. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi runner up di musim 2018/19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya