Rusia Tolak Permintaan FIFA Kurangi Venue Piala Dunia 2018

Kazan Arena
Sumber :
  • wikipedia
VIVAbola
Eropa Minta Tambah Jatah Tempat di Piala Dunia
- Rusia menolak permintaan FIFA agar mengurangi jumlah stadion yang akan digunakan pada Piala Dunia 2018. Pemerintah Negeri Beruang Merah itu tetap pada pendiriannya, yakni menyiapkan 12 stadion untuk menunjang pesta akbar 4 tahunan tersebut.

Stadion Megah Eks Piala Dunia 2014 Kini Jadi Parkiran Bus

Kantor berita ITAR-Tass melaporkan, Presiden FIFA, Sepp Blatter, bulan lalu, meminta Rusia mengurangi jumlah stadion yang dibangun menjadi 10. Blatter dalam sepekan ini berada di Sochi untuk membahasnya dengan Menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko.
8 Insiden Meludah Paling Terkenal dalam Sepakbola (2)


Namun, usulan ini ditolak Rusia. Mutko menegaskan, pihaknya akan tetap berniat membangun stadion sesuai dengan rencana awal.


"Konsepsi di mana 12 stadion di 11 kota akan jadi tuan rumah Piala Dunia tak akan berubah," ujar Mutko. "Rekomendasi FIFA, 10 stadion di 9 kota, termasuk dua di Moscow."


Mutko juga mengatakan bahwa keputusan final sebaiknya ditentukan dalam rapat Komite Eksekutif FIFA pada Oktober mendatang. Sebab, menurut pria yang juga salah satu anggota Komite Eksekutif FIFA itu, keputusan yang terlalu lama akan menimbulkan masalah mengingat proses pembangunan stadion-stadion tersebut harus segera dimulai.


Menurut Mutko, delegasi FIFA akan menginspeksi arena-arena Piala Dunia 2018, mulai Rabu ini. Diawali dengan rencana pembangunan stadion berkapasitas 45 ribu tempat duduk di pusat kota Saransk.


Pada Piala Dunia sebelumnya, Brasil menggunakan 12 stadion yang dibangun di 12 kota. Rumor pengurangan jumlah stadion di Rusia mencuat setelah tuan rumah Brasil ternyata tidak mampu menyelesaikan seluruh proses pengerjaan stadion itu hingga hari-H.


Baik FIFA maupun pemerintah Rusia belum menyebutkan stadion mana yang akan dipangkas. Namun, sebelumnya, Mutko sempat mengungkapkan bahwa stadion di Selatan kota Kaliningrad dan utara kota Volgograd merupakan wilayah yang tingkat kesulitan pembangunannya tinggi.


Sementara itu, Minggu lalu, stadion baru Kazan Arena di ibukota Rusia menjadi venue Piala Dunia 2018 pertama yang rampung. Di stadion ini bahkan telah berlangsung pertandingan Rubin Kazan vs Lokomotiv Moscow di mana duel berakhir dengan skor imbang 1-1.


Venue Piala Dunia 2018 lainnya yang juga sudah bisa digunakan adalah Otkritie Arena. Markas Spartak Moscow tersebut rencananya akan menggelar pertandingan pertama, bulan depan. (one)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya