Hadirnya Pino dan Dukungan Barito Putera pada Striker Lokal

Juan Pablo Pino bersama manajer Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

VIVA – Barito Putera memiliki alasan tersendiri berani mendatangkan Juan Pablo Pino pada kompetisi Liga 1 musim ini. Salah satunya ingin menjaga keberadaan striker lokal di tim berjuluk Laskar Anatasari ini.

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Pino sebenarnya resmi mengontrak pemain berusia 31 tahun tersebut pada akhir Maret lalu, namun baru saat ini tiba di Tanah Air. Eks pemain Galatasaray dan AS Monaco ini sudah tak asing dengan sepakbola Indonesia, sebab di musim lalu bermain untuk Arema FC dengan status marquee player.

Sayangnya, Pino tampil melempem bersama Singo Edan dengan hanya menjaringkan tiga gol dalam 19 pertandingan. Catatan yang kurang baik tersebut, tak membuat kepercayaan Barito dan pelatih Jacksen F Tiago pada Pino luntur.

Barito Putera Vs Persija, Thomas Doll: Pertandingan Buruk

"Mengapa datangkan Pino? Karena Pino bisa bermain di berbagai posisi. Alasannya karena ini permintaan Jacksen usai melepaskan Patrick Daniel. Dia minta pemain yang bisa bermain di berbagai posisi," kata manajer Barito, Hasnuryadi Sulaiman, di Jakarta.

Hasnur mengungkapkan awalnya dia berkonsultasi lebih dulu dengan Jacksen, soal pemain yang bakal didatangkan Barito. Kesepakatannya mereka tak ingin mengganggu posisi Samsul Arif, dan juga menjaga keberadaan striker lokal.

Hasil Liga 1: Kejutan Arema di Markas Borneo FC, Persija Tahan Imbang Barito Putera

"Saya sempat menayakannya apa kita mendatang striker murni lagi, tapi coach dan saya menyayangkan bila Samsul digeser-geser lagi dari posisi striker murni. Karena pada dasarnya kami ingin terus mendukung keberadaan striker lokal. Seperti yang dilakukan Borneo pada Lerby dan Persipura pada Boaz," kata Hasnur.

"Sisanya klub-klub lain pada bergantung dengan striker asing. Maka dari itulah kita memilih Pino karena dia bisa juga bermain di berbagai posisi dan striker," sambungnya.

Pelatih Persija Jakarta, Teco Cugurra, akhirnya membalas komentar pedas pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, terkait pengunduran laga Liga 1. Lihat rekaman lengkapnya di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya