Pesan Menpora ke PSSI Soal Jadwal Semrawut Uji Coba Timnas U-22

Timnas U-22 saat uji tanding melawan Bali United
Sumber :
  • PSSI.org

VIVA – Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali merespons kesemrawutan yang terjadi di agenda uji coba Timnas Indonesia. U-22.  Agenda 2 kali uji coba tersebut diluar dugaan, khususnya mengenai jadwal. 

Hasil Liga 1: Bali United Lolos ke Championship Series Usai Tekuk Persebaya Surabaya

Terjadi carut marut soal agenda uji coba menuju SEA Games 2021 di Vietnam. Awalnya Timnas U-22 dijadwalkan bentrok dengan Persikabo pada Rabu 3 Maret 2021 kemudian Bali United menjadi lawan kedua pada Jumat 5 Maret 2021.

Kabar ini sudah gembar-gembor baik di media massa maupun media sosial. Jutaan pasang mata menanti racikan ciamik skuad Shin, tapi kenyataannya membuat emosi hati. 

Terpopuler: Sindiran Suporter Bali United, Media Asing Puji Indonesia

Pertandingan terpaksa batal dikarenakan izin keramaian dari pihak kepolisian belum ada. Kejadian ini merupakan tamparan keras bagi PSSI. Pasalnya, kedua tim yang akan bertanding sudah tiba di stadion. Namun, mereka tertahan di lokasi parkir sebelum akhirnya kembali ke hotel lantaran pertandingan tak mendapat izin.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi memahami hal itu. Untuk itu PSSI akan terus melakukan komunikasi dengan Mabes Polri. Mereka juga melakukan koordinasi dengan  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) supaya laga ini menjadi laga tunda.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' ujar Yunus Nusi.

Beruntung Mabes Polri memberikan ijin tidak lama setelah itu. Duel ditunda menjadi tanggal 5 Maret (melawan Tira Persikabo) dan 7 Maret (melawan Bali United). 

Photo :
  • Kemenpora

Melihat kondisi tersebut Zainudin Amali memberikan pesan agar tidak kembali terulang. Dia mengingatkan bahwa kondisi memalukan tersebut bisa dijadikan pelajaran.

"Saya kira suasana ini (saat COVID-19) belum merasakan sebelumnya, Jadi harus kita maklumi kita harus sesuaikan situasi. Soal suasana masih sekarang ini, kondisi itu sangat menjadi pelajaran. Apalagi kalau kita datangkan klub luar negeri pasti persiapannya lebih," kata Zainudin Amali saat melakukan rapat virtual dengan awak media pada Senin 8 Maret 2021.

Untuk diketahui di dua laga uji coba tersebut, Indonesia memetik dua kemenangan yang pertama menang 2-0 menghadapi Tira Persikabo dan 3-1 menghadapi Bali United. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya