Presiden Brasil Pantau Kisruh Alex Goncalves Vs Tira Persikabo

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro.
Sumber :
  • bbc.com

VIVA – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro turut memantau kisruh pemotongan gaji antara Alex Dos Santos Goncalves dengan Tira Persikabo

'PS TNI' dan 'PS Polri' Degradasi dari Liga 1

Kasus ini bermula dari curahan hati Alex Dos Santos Goncalves yang tak terima gajinya dipotong manajemen Tira Persikabo karena dampak pandemi COVID-19 untuk Liga 1 2020.

Ada dua versi dalam polemik ini, manajemen Tira Persikabo menegaskan bahwa yang mereka lakukan sudah sesuai dengan ketentuan yang diatur PSSI. Sedangkan Alex sendiri mengklaim tidak diberitahu dan tak menyetujui kebijakan tersebut.

10 Pemimpin Dunia yang Kontroversi, No 4 Disebut Diktator

Mantan Pemain Tira Persikabo, Alex Dos Santos Goncalves

Photo :
  • Media Tira Persikabo

Alex menjerit karena kebijakan itu membuat dirinya tak bisa membiayai sekolah anaknya Alex kemudian membawa masalah tersebut ke Badan Sengketa FIFA, melalui pengacaranya Pedro Macierinha. 

Eks Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diperiksa Terkait Hadiah Perhiasan dari Arab Saudi

FIFA sudah memenangkan gugatan Alex pada 15 November 2021. Persikabo diwajibkan melunasi sisa gaji yang belum dibayarkan pada musim 2020. 

Batas pembayaran tunggakan gaji yang harus diterima Alex adalah 30 Desember 2021. Jika tidak dibayarkan, Persikabo bakal terkena sanksi.

Namun, masalah tak selesai di situ. Tira Persikabo balik melaporkan Alex ke polisi di Indonesia dengan alasan pencemaran nama baik. 

Manajemen tim berjuluk Laskar Padjajaran itu merasa telah memenuhi semua kewajiban buat pemain sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Surat Keputusan (SK) dari PSSI. 

Kini, kasus itu memasuki babak baru. Melalui unggahan Presiden Brasil, Jair Messias Bolsonaro, Alex kemungkinan besar bisa kembali ke Brasil pada 13 Desember mendatang.

"Jika tidak ada kendala hukum pengawasan, ada kemungkinan ia akan dapat meninggalkan negara itu [Indonesia] pada 13 Desember." tulis Jair Messias Bolsonaro

"Kedutaan besar Brasil telah mendampingi sang pemain dan memberikan semua dukungan yang diperlukan." sambungnya..

Tak Bisa Main

Di sisi lain, kasus dengan Persikabo membuat Alex tidak bisa membela Persita Tangerang dalam lanjutan Liga 1 musim 2021/22 karena paspor dan visa kerjanya di Indonesia yang habis pada Oktober lalu ditahan.

Alex Dos Santos Goncalves di Persita

Photo :
  • ligaindonesiabaru

"Saat ini saya tidak bisa bermain untuk klub saya, Persita Tangerang. Proses perpanjangan izin kerja saya di sini ditangguhkan karena EPO saya tidak dapat diterbitkan akibat ada perselisihan antara saya dan klub lama saya, Persikabo," tulis Alex di akun Instagram pribadinya.

"Masalah saya dengan Persikabo adalah perselisihan yang banyak terjadi di sepakbola, masalah gaji. Saya tidak bersedia menyetujui pemotongan gaji sebesar 75% karena sejauh yang saya tahu, peraturan FIFA tidak mengizinkan penyesuaian gaji sepihak di era pandemi covid-19 ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya