Alex Vs Tira Persikabo, PSSI Minta Pemerintah Brasil Hormati Hukum

Mantan Pemain Tira Persikabo, Alex Dos Santos Goncalves
Sumber :
  • Media Tira Persikabo

VIVA – PSSI mengeluarkan pernyataan melalui laman resminya soal polemik Alex Dos Santos Goncalves dengan Tira Persikabo. Masalah ini sampai mendapat perhatian dari pemerintah Brasil.

'PS TNI' dan 'PS Polri' Degradasi dari Liga 1

PSSI memastikan bakal coba untuk melakukan mediasi antara kedua belah pihak. Tapi mereka juga meminta kepada pemerintah Brasil menghormati hukum positif di Indonesia.

Masalah ini berawal dari perjanjian kontrak di masa pandemi COVID-19. Ketika itu Tira Persikabo mengambil kebijakan untuk memangkas gaji pemain mengingat kompetisi tidak berjalan.

Thomas Doll: Manchester United Kebobolan 4 Kali, Persija Cuma 1

Tapi kemudian Alex merasa keputusan itu diambil secara sepihak. Dia kemudian mengunggah isi hati melalui Instagram pribadi. Tira Persikabo tersinggung dan mengadukannya atas nama pencemaran nama baik.

Tira Persikabo melaporkan Alex ke kepolisian dengan pencemaran nama baik dan atau fitnah melalui media elektronik. Yang menjadi korban di sini adalah Bimo Del Piero Wirjasoekarta selaku Presiden klub.

Tira Persikabo Tidak Silau dengan Nama Besar Persija

‘’Saya mengerti dan memahami persoalan ini. Alangkah indahnya jika semua duduk sama-sama untuk menyelesaikan masalah ini," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

"PSSI segera mengundang pihak-pihak terkait dalam forum mediasi agar jangan sampai ini kemudian menjadi false information dan nama PSSI serta Indonesia menjadi jelek di mata FIFA dan dunia," imbuhnya.

Presiden Brasil, Jair Messias Bolsonaro, sebelumnya juga sudah angkat bicara. Dia memastikan Alex mendapat bantuan langsung dari Kedutaan Besar Brasil di Indonesia.

"Jika tidak ada kendala hukum pengawasan, ada kemungkinan dia akan dapat meninggalkan negara itu (Indonesia) pada 13 Desember 2021. Kedutaan besar Brasil telah mendampingi sang pemain dan memberi semua dukungan yang diperlukan," tulisnya melalui Twitter pribadi.

Akibat masalah ini pula, Alex kini tak bisa membela Persita Tangerang di Liga 1 2021/2022. Dia tidak memiliki Exit Permit Only (EPO) sehingga tak bisa mengurus visa kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya