Bersama Pelatih Baru, FFI Targetkan Timnas Futsal Juara Piala AFF 2022

FFI lepas Timnas Futsal Indonesia ke Piala AFF Futsal 2022
Sumber :
  • FFI

VIVA – Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI), Hary Tanoesoedibjo, secara resmi melepas dan memberangkatkan Timnas Futsal Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF Futsal 2022 di Thailand. Tim Merah Putih ditargetkan juara pada turnamen ini.

Prilly Latuconsina Didapuk Jadi Ketua Pelaksana Festival Film Indonesia 2024-2026

"Masuk gelanggang, masuk field, tempat main, dengan nazar untuk menang. Karena kalau mereka yakin mereka menang, pasti mainnya lebih baik. Pasti menang, itu saya jamin," kata Hary, dalam keterangan pers resmi FFI, Selasa 29 Maret 2022.

Target tersebut sejatinya bukanlah sebuah hal muluk. Pasalnya, Timnas Indonesia menjadi salah satu unggulan bersama dengan Malaysia dan Thailand.

Film "Women from Rote Island" Sumbang Pendapatan untuk Korban Kekerasan Seksual

Optimisme itu juga muncul lantaran skuad Garuda juga telah mencicipi empat kali final pada edisi 2006, 2009, 2010 dan 2019. Namun, baru sekali menjadi juara pada 2010 silam.

Maka itu, lanjut Hary, secara teknik para penggawa timnas tak perlu diragukan lagi. Namun, dengan latar belakang klub yang berbeda, sehingga harus dipastikan kekompakannya.

Usai Raih Piala Citra, Film Women From Rote Island Siap Tayang di Indonesia dan Luar Negeri

Hary pun tak lupa menitipkan tiga pesan kepada tim pelatih dan juga ofisial yang berangkat ke Thailand.

"Sekarang mereka dalam satu Timnas. Jadi tadi saya pesan ke coach, juga ke ofisial pemain ini. Jaga kekompakan mereka, tidak boleh ada ego," kata Hary.

Kedua, para pemain juga harus menjaga stamina dengan menjaga makan, minum, tidur, cukup vitamin, supaya fit ketika bermain.

"Karena main bola itu kan bukan hanya technical skill, tapi kecepatan dan endurance," jelas Hary.

"Ketiga, mentalnya harus disiapkan, tidak grogi ketika bermain dan harus bermental juara," tambah dia.

Hary mengatakan adanya pelatih baru di Timnas Futsal diharapkan bisa memberikan masukan-masukan, menggiring para pemain supaya bermain sebaik-baiknya.

Seperti diketahui, FFI mendatangkan pelatih baru Mohammad Hashemzadeh, yang merupakan legenda pemain Timnas Futsal Iran.

Di level internasional, Mohammad Hashemzadeh telah membawa Iran 11 kali juara AFC Futsal Championship, mengikuti World Cup 2014 di Taipei dan berhasil menduduki peringkat kelima dunia pada World Cup 2018 di Brazil. Sepanjang kariernya, Mohammad Hashemzadeh telah mencetak 74 gol bagi timnas Iran. 

"Terima kasih para pemain sudah berlatih keras. Saya berharap kita lakukan yang terbaik di pertandingan ini," kata Mohammad Hashemzadeh.

Exco FFI Atta Halilintar mengatakan para pemain Indonesia memiliki banyak keunggulan, karena kompetisi futsal di Indonesia berjalan dengan sangat baik.

"Pemain-pemain sangat terlihat kualitasnya sekarang dengan adanya dukungan dari Pak HT, dari coach yang baru, dari pemain. Sekarang sih sangat mungkin banget kita bisa berprestasi di futsal membawa nama Indonesia, membawa Garuda terbang tinggi di luar negeri," kata Atta.

Skuad Garuda akan bertarung di Piala AFF Futsal pada 2-10 April 2022 mendatang. Skuad asuhan Mohammad Hashemzadeh tergabung di Grup A bersama Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam dan Malaysia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya