Usai Bikin Gaduh, PSSI Ubah Judul soal Stadion JIS

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – PSSI kembali menjadi sorotan pecinta sepakbola nasional. Kali ini terkait pernyataan soal infrastruktur Jakarta International Stadium.

Di Usia 94 Tahun, PSSI Optimistis Masa Depan Sepakbola Indonesia Cerah

PSSI merilis sebuah artikel yang mengindikasikan JIS tak layak menggelar pertandingan FIFA match day Timnas Indonesia vs Curacao pada pada 27 September 2022.

Pada awalnya, website resmi PSSI merilis artikel berjudul  "JIS Dianggap belum Memenuhi Kelayakan Infrastruktur" tayang pagi.

Sepakbola Indonesia Masih Jauh dari Ideal

Artikel itu memuat pernyataan Sekretaris jendral PSSI, Yunus Nusi. Dia mengatakan, JIS belum bisa menggelar pertandingan internasional. Salah satu yang disinggung adalah belum memenuhi kelayakan 100 persen infrastruktur hingga lahan parkir.

"Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25% - 50% - 75% - 100% dari perhitungan maximum safety capacity," kata Yunus Nusi.

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

"Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catalan FIFA," terangnya.

Pernyataan itu pun menuai kontroversi, khususnya di media sosial  Para netizen menjadi heboh lantaran pernyataan tersebut.

Mereka terpecah, ada yang mendukung PSSI ada pula yang mempertanyakan kebenaran pernyataan Yunus Nusi,

Tidak lama berselang setelah artikel tersebut tayang, Jakpro selaku pengelola JIS memberikan tanggapan.

Jakpro menegaskan, JIS dibangun sebagaimana mestinya bahkan didampingi pihak FIFA, supaya sesuai standar agar bisa menggelar pertandingan level internasional.

Menariknya, setelah ada tanggapan dari Jakpro, artikel PSSI yang semula berjudul "JIS Dianggap Belum Memenuhi Kelayakan Infrastruktur" berubah. Kini, sudah berjudul "Infrastruktur JIS Masih dalam Tahap Pendampingan PSSI".

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari PSSI mengenai kegaduhan ini. Sementara mengenai laga kedua Timnas Indonesia vs Curacao direncanakan main di Stadion Pakansari (Bogor) atau Patriot Candrabhaga (Bekasi).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya