Tragedi Kanjuruhan: Suporter Nyalakan Lilin dan Doa Bersama di DIY

Aksi solidaritas suporter di DIY untuk korban Tragedi Kanjuruhan
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi Purnomo

VIVA Bola – Ratusan nyawa melayang dalam peristiwa Tragedi Kanjuruhan. Aksi dukacita, solidaritas dan doa bersama digelar berbagai elemen suporter di sejumlah daerah.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Aksi solidaritas untuk para korban Tragedi Kanjuruhan ini salah satunya digelar di Kota Yogyakarta. Ribuan suporter dari berbagai klub di DIY seperti PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, Persiba Bantul maupun Aremania berkumpul di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Minggu 2 Oktober 2022 malam.

Ribuan orang yang memadati kawasan Titik Nol Kilometer ini menyalakan lilin dan berdoa bersama untuk para korban Tragedi Kanjuruhan. Aksi solidaritas ini menjadi simbol dukacita masyarakat dan suporter sepakbola atas tragedi kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan.

Spanduk Sindiran Suporter Bali United untuk Bhayangkara FC: Degradasi Karma 2017

Kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang, Arema vs Persebaya

Photo :
  • (Foto AP/Yudha Prabowo)

Seorang perwakilan suporter, Anta menyebut aksi solidaritas diikuti oleh berbagai wadah suporter yang ada di DIY. Baik itu PSIM Yogyakarta, PSS Sleman, Persiba maupun Aremania.

Anta menuturkan momentum ini menjadi momentum untuk para suporter duduk bersama dan melupakan rivalitas. Anta mengatakan dirinya berharap agar peristiwa serupa tak lagi terjadi di sepakbola nasional.

"Malam ini kami mengenang dan merefleksikan diri terkait kejadian di Kanjuruhan ini. Ratusan nyawa melayang," kata Anta.

Persik Kediri Minta Maaf Usai Kena Bantai Bhayangkara FC


"Kami berharap kejadian ini tidak terulang di kemudian hari. Ini pukulan bagi kami. Harapannya tidak terjadi lagi dikemudian hari," tutup Anta.
Suporter Indonesia saat perempat final Piala Asia U-23 2024 di Qatar

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Kehadiran suporter Indonesia yang memenuhi stadion Qatar saat gelaran perempat final Piala Asia U-23 2024 sampai disorot oleh media asing hingga disebut Jakarta mini.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024