Thom Haye dan Nathan Bicara soal Jadi 'Buruan' Suporter

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On merupakan dua pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang bermain untuk klub SC Heerenveen. Keduanya memiliki pengalaman baru ketika jadi bagian dari Skuad Garuda.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Thom Haye dan Nathan Tjoe-A-On baru mencatatkan debut pada Maret 2024. Tapi bedanya, Nathan sudah main dua kali, sedangkan Thom baru sekali. Itu tak lepas dari proses naturalisasi yang rampungnya berbeda waktu.

Begitu gabung ke Timnas Indonesia, kedua pemain ini kemudian merasakan bagaimana jadi 'buruan' suporter. Itu tak cuma terjadi di lapangan, tapi juga di hotel.

Kisruh Nobar Timnas Indonesia U-23 Dilarang, Begini Respons Kemenpora

"Pengalamannya sungguh sangat berbeda. Anda bisa melihatnya di hotel, misalnya saat sarapan sudah ada orang di lobi. Selalu ada orang yang ingin berfoto bersama Anda," kata Nathan, dikutip dari Omrop Fryslan.

Pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On

Photo :
  • PSSI
Pemerintah Instruksikan Seluruh Pemda Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Haye menambahkan bagaimana 'kegilaan' suporter Timnas Indonesia akan pemain idola begitu terasa. Hal ini baru mereka rasakan selama berada di Jakarta.

"Hotel tempat kami berada sangat besar, tapi ada orang-orang di hotel sepanjang hari. Pada titik tertentu mereka tahu di mana Anda akan makan dan di mana mereka harus lewat untuk menemui Anda," ujar Haye.

Meski begitu, kedua pemain ini sepakat suporter Timnas Indonesia sangat ramah. Mereka tak menemukan pengalaman tak enak selama berada di Jakarta beberapa hari belakangan.

"Mereka sangat ramah. Pada dasaranya orang-orang yang sangat manis dan antusias. Mereka selalu ingin berfoto dan ingin memberi Anda hadiah. Gantungan kunci dengan foto saya di dalamnya, kemeja, dan topi," tutur Haye.

Thom Haye

Photo :
  • Instagram @thomhaye

Pengalam Nathan dalam menerima hadiah tak kalah seru. Dia mengaku mendapatkan hadiah Lego dari suporter Timnas Indonesia. “Mobil dari Lego yang bisa Anda buat sendiri.”

Tapi tak bisa dipungkiri oleh Haye, yang akan menjadi semakin gila terlihat antusiasnya ketika para suporter ini datang ke sesi latihan. Menurut dia, jika tidak dijaga, bisa jadi sulit keluar dari lapangan.

"Anda harus benar-benar berjalan di bawah pengawasan. Jika tidak, Anda akan tinggal di sana selamanya."

Kedatangan para pemain naturalisasi dalam skuad Timnas Indonesia ini memunculkan harapan baru. Skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil menang dua kali beruntun atas Timnas Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Skuad Garuda berpeluang besar lolos ke babak ketiga kualifikasi untuk menemani Timnas Irak dari Grup F. Dan itu berarti perjuangan untuk bisa sampai ke Piala Dunia 2026 tambah berat karena lawan yang dihadapi lebih kuat tingkatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya