Piala Dunia U-20: Ini Catatan Minor Stadion GBT di Mata FIFA

Menpora Zainudin Amali mengecek Stadion Gelora Bung Tomo
Sumber :
  • kemenpora

VIVA – Menteri pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, ada catatan minor dari FIFA untuk Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT) Surabaya. Catatan tersebut yakni rumput lapangan. 

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis

"Saya sudah keliling sebagaimana gambaran dari awal masuk bus, pemain masuk ke kamar ganti, selanjutnya ke beberapa tempat," kata Amali.

"Memang ada catatan seperti rumput dan berbagai catatan lainnya tetapi itu minor, tidak menjadi catatan major yang membuat kita khawatir," sambungnya.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Amali menjelaskan, masalah rumput ini lantaran perubahan jadwal Piala Dunia U-20 yang awalnya dilaksanakan pada 2021 dan diundur ke 2023.

"Jadi begini, ini stadion dipersiapkan 2021, tapi FIFA mengundur tahun 2023, makanya ada kebijakan boleh digunakan dan pasti rumput perlu perbaikan dan perawatan kembali," kata Amali.

Red Sparks Vs Indonesia All Stars, Tim Korea Selatan Tak Mau Main-main

"Dan saya sebagai penanggung jawab penyelenggaraan sudah berkirim surat kepada FIFA bahwa renovasi akan dimulai insyaallah akhir Oktober ini," jelasnya.

Amali mengatakan, setelah direnovasi, Stadion GBT tak boleh lagi digunakan sampai Piala Dunia U-20 2023 berakhir.

"Berarti setelah diadakan renovasi lagi, maka tidak boleh untuk kegiatan lain sampai nanti penyelenggaraan Piala Dunia U-20 berakhir," tambahnya.

Bahkan untuk lebih memastikan sterilisasi dari penggunaan stadion dari lain-lain kegiatan, telah disampaikan kepada PSSI agar penyelenggaraan liga tidak menggunakan stadion-stadion yang dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 tersebut.

"Saya sudah sampaikan ke PSSI, dan menurut informasi PSSI sudah mengkomunikasikan dengan klub-klub bahwa Liga 1, Liga 2, bahkan jika ada Liga 3 untuk sementara demi kepentingan yang lebih besar tidak menggunakan, dan mereka sudah oke," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya