Legenda Persib Bandung Encas Tonif Meninggal Dunia

Legenda Persib Bandung, Encas Tonif
Sumber :
  • persib.co.id

VIVA Bola – Kabar duka datang untuk Persib Bandung. Salah satu legendanya, Encas Tonif meninggal dunia pada Senin 17 April 2023.

Didukung Penuh Bobotoh, Persib Bandung Siap Terkam Bali United

Encas Tonif meninggal dunia di usia 71 tahun. Kabar ini diungkapkan pemain Persib era 90-an, Asep Sumantri.

"Betul. Saya juga dapat kabar di grup teman-teman pemain. Tadi meninggalnya sekitar jam 13.30 WIB," kata Asep Sumantri dilansir situs resmi Persib.

Persib Bandung Kantongi Lisensi Klub Profesional, Aman Ikut Kompetisi Asia

Encas Tonif aktif sebagai pemain Persib era 1970-an. Bermain di lini pertahanan, pria kelahiran 5 Mei 1951 tersebut merupakan salah satu bek tangguh buat Persib dan juga Timnas Indonesia di pengujung dekade 1970-an.

Sebagai pemain, Encas memutuskan gantung sepatu usai pertandingan final Kompetisi Perserikatan 1983 ketika Persib dikalahkan PSMS Medan melalui drama adu penalti di Stadion Utama Senayan Jakarta.

Leg Kedua Persib vs Bali United, Bobotoh Siapkan Kejutan

Setelah itu, Encas melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Salah satu prestasinya yang paling dikenang adalah ketika ia membawa Maung Bandung menjuarai Piala Soeratin untuk pertama kalinya pada tahun 2003. Salah seorang pemain andalannya ketika itu adalah Atep yang di kemudian hari menjadi kapten Persib saat menjuarai Liga Super Indonesia 2014.

Di tim senior, Encas Tonif sempat menjadi asisten pelatih Indra M. Tohir di Liga Indonesia 2005 dan Risnandar Soendoro (2006).

Encas Tonif terakhir kali berinteraksi dengan Persib pada acara Sauyunan: PERSIB Walking Football di Lapangan Soccer Republic, 24 Mei 2022 lalu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya