Ayah Kapten Persebaya Surabaya Resmi Jadi Pelatih Arema FC

Pelatih Arema FC Fernando Valente
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama

Malang – Arema FC resmi memiliki nahkoda baru pasca kepergian Joko Susilo. Dia adalah Fernando Valente sosok pelatih berusia 64 tahun asal Portugal.

Buffon Berlatih Keras Jelang Semifinal Lawan MU

Fernando Valente resmi diperkenalkan oleh manajemen Arema FC di Stadion Gajayana, Kota Malang pada Rabu, 23 Agustus 2023. Dia diperkenalkan sesaat sebelum memimpin latihan Gustavo Almeida Cs. 

Manajer Tim Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengatakan keputusan merekrut Fernando Valente didasari oleh dua hal. Pertama adalah rekam jejak Fernando Valente yang cukup mentereng, kedua adalah Fernando Valente adalah seorang motivator andal bagi para pemain sepak bola. 

Umuh Muchtar Janjikan Bonus Berlipat Jika Persib Bandung Juara Liga 1

"Dari beberapa opsi, pilihan kami jatuh pada Fernando Valente. Kami butuh pelatih yang secara rekor tidak hanya bicara soal teknis, tapi juga bisa mengangkat mental pemain," kata Wiebie, Rabu, 23 Agustus 2023. 

Final Liga Champions Asia: Tim Besutan Harry Kewell Tundukkan Hernan Crespo

Sosok Fernando Valente sendiri ternyata tidak asing bagi sepak bola tanah air. Sebab, Fernando Valente adalah ayah dari Kapten Persebaya Surabaya, yakni Ze Valente

Dia aktif mengikuti perkembangan sepakbola Tanah Air terutama Liga 1 sejak Ze Valente masih berseragam PSS Sleman. Pun ketika Ze Valente bermain bersama Persebaya, Fernando Valente sering melihat anaknya bertanding. 

Fernando Valente sendiri mengatakan, bahwa dirinya bukanlah seorang pesulap. Dia datang untuk bekerja memperbaiki kondisi tim saat ini. Dia ingin membawa Arema FC segera bangkit dan beranjak dari papan bawah. 

"Saya bukan seorang pesulap dan saya tidak melakukan keajaiban untuk memenangkan pertandingan. Saya seorang pelatih dengan ide yang jelas tentang bagaimana sepak bola harus dimainkan," ujar Fernando Valente.

"Dan saya bersemangat dengan para pemain saya, karena merekalah yang membuat saya bahagia saat mereka bermain dengan penuh semangat dan keberanian untuk ide ide kita," tambah Fernando Valente

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya