Ketua Jakmania Buka Suara Terkait Kerusuhan Usai Duel Persija Vs Persib

Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno
Sumber :
  • instagram.com/dikysoemarno/

VIVA – Ketua Jakmania, Diky Soemarno buka suara soal kericuhan yang terjadi usai duel Persija Jakarta vs Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu 2 September 2023.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Diky mengakui ada peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi setelah pertandingan. Dia pun meminta maaf atas hal tersebut.

"Maaf atas apa yang terjadi pada pertandingan kemaren sore. Tentunya banyak yang kecewa, banyak yang marah dan sebel atas beberapa kejadian tidak mengenakan yang terjadi," tulis Diky di akun Twitter miliknya. 

Pelatih Persib Puji Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23

"Usaha kami ternyata belum maksimal. Jakmania akan berbenah dan memperbaiki itu semua #PersijaSelamanya." sambungnya.

Ya, Pertandingan Liga 1 Persija vs Persib diwarnai ricuh suporter usai pertandingan. Di dalam dan luar Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu sore WIB 2 September 2023, terjadi keributan di beberapa titik.

Persib Bandung dalam Atmosfer Bagus Jelang Lawan Borneo FC

Ada keributan yang terjadi karena penggemar Persija Jakarta menemukan suporter Persib Bandung yang hadir. Lalu ada juga keributan yang melibatkan sesama Jakmania. 

Video kericuhan yang terjadi di Stadion Patriot Candrabhaga tersebut beredar di media sosial. Tak sedikit yang menyayangkan insiden itu terjadi, karena sebelumnya sudah dilakukan kampanye damai.

Sementara itu, Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga meminta agar dilakukan rekonsiliasi antarpendukung klub Liga 1. 

Dia mengaku PSSI telah berkomunikasi dengan suporter Persib dan Persija. Keinginannya adalah rekonsiliasi dilakukan hingga ke akar rumput.

"Jadi sejak dari tadi kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Viking-nya Persib dan Bomber Persib serta Jakmania. Kami sudah koordinasi, sudah meminta supaya dilakukan secepatnya pertemuan dan rekonsiliasi sampai level akar rumput," kata Arya Sinulingga.

Arya meminta itu karena melihat di tingkat atas pendukung Persija dan Persib, hubungannya baik-baik saja. Bahkan keduanya berkomunikasi jelang pertandingan.

"Karena kita percaya kalau teman-teman di elitenya, elitenya supporter mereka oke. Bahkan tadi malam sebelum pertandingan Diky (Soemarno, Ketua Umum Jakmania) dan Tobi (Tobias Ginanjar, Ketua Umum Viking Persib Club) itu melakukan IG live bersama-sama tetapi ternyata di bawah sudah juga ada kejadian yang seperti kemarin," tuturnya. 

Kericuhan antarsuporter di Liga 1 2023/2024 bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya juga sudah pecah kericuhan di beberapa daerah, dan itu jadi sorotan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya