Serangan ke Palestina Makin Gencar, Keputusan Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Tepat?

Demo tolak Israel di Piala Dunia U-20 2023
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta – Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Israel di Gaza kini telah melampaui 9.000 jiwa sejak dimulainya konflik Israel-Hamas, yang masih berlangsung hingga saat ini, menurut Kementerian Kesehatan Palestina yang berbasis di Gaza pada Kamis 2 November 2023.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

Juru Bicara Kemenkes Palestina Ashraf al-Qedra mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 9.061 orang, termasuk 3.760 anak-anak dan 2.326 perempuan, sementara jumlah korban luka-luka melampaui 32.000 orang.

Dia menambahkan bahwa pasukan Israel melakukan 15 serangan dalam 24 jam terakhir, menewaskan 256 orang dan melukai ratusan lainnya.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Memanasnya konflik antara Israel dan Palestina mengingatkan kita pada tragedi di Piala Dunia U 20 2023 yang seharusnya digelar di Indonesia. Saat itu, banyak yang menolak kehadiran Timnas Israel U-20 di Indonesia.

Pemain Timnas Israel rayakan gol di Piala Dunia U-20 Argentina

Photo :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan
Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjadi salah satu pejabat yang turut menyuarakan penolakan kehadiran Israel. Menurutnya ini adalah wujud dari komitmen bersama mendukung kemerdekaan Palestina.

“Sebagai kader PDI Perjuangan, saya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina yang telah disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, dan Conference of the New Emerging Forces,” ujarnya Kamis, 23 Maret 2023.

Sikap serupa juga ditonjolkan Gubernur Bali Wayan Koster. Melalui surat yang dia buat untuk Menpora Zainudin Amali pada Selasa 14 Maret 2023, Wayan menyatakan menolak Timnas Israel bertanding di Piala Dunia U-20 Indonesia yang akan berlangsung di Bali.

Indonesia Dapat Ganti Piala Dunia U 17
FIFA akhirnya membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Event ini akhirnya digelar di Argentina.

Timnas Israel yang datang sebagai debutan mampu mencatat sejarah menembus ke semifinal. Mereka merebut posisi ketiga dengan menekuk Korea Selatan 3-1. Gelar juara Piala Dunia U-20 2023 diraih Uruguay yang menang tipis 1-0 atas Italia di final.'

Warga Bandung berpose di depan trofi Piala Dunia U-17

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

Indonesia akhirnya mendapatkan kompensasi dari FIFA setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20. Indonesia resmi menggantikan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 bakal digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Empat stadion akan digunakan yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, dan Stadion Manahan Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya