Prakiraan Cuaca saat Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya

Gelora Bung Tomo
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya – Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat 10 November 2023, sekitar pukul 19.00 WIB. Diprakirakan, saat pembukaan nanti, cuaca di langit Surabaya Raya cerah berawan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Berdasarkan data prakiraan cuaca dari Stasiun Metereologi Juanda pada Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur, secara keseluruhan Kota Surabaya pada Jumat, 10 November 2023, cerah berawan. 

Termasuk di langit Kecamatan Pakal, lokasi GBT Surabaya. Cuma, pada pukul 21.00 sampai 22.00 WIB, cuaca berpotensi hujan dengan intensitas ringan alias rintik-rintik dengan durasi singkat. Itu artinya, bila itu terjadi, ada kemungkinan laga perdana antara Indonesia versus Ekuador akan diwarnai gerimis.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Trofi Piala Dunia U-17

Photo :
  • VIVA/Dede Idrus

"Sang sampai sore hari [diprakirakan cuaca] cerah, dan untuk malam hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan," kata prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Juanda, Adityo Mega Anggoro, dikonfirmasi VIVA pada Jumat.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Adapun kecepatan angin di Kecamatan Pakal terpantau 20 kilometer per jam, bergerak ke arah timur dengan kelembapan udara mencapai 80 persen bersuhu 30 derajat celcius.

BMKG juga mencatat bahwa cuaca di Jawa Timur secara keseluruhan cerah berawan pada lagi hari. Sementara pada siang hingga sore, sebagian kabupaten diprakirakan hujan ringan sampai lebat disertai petir. [Di antaranya terjadi] di wilayah Kabupaten Mojokerto, Probolinggo, dan Bangkalan," ujar Adityo.

Bacuya maskot resmi Piala Dunia U-17 2023

Photo :
  • Instagram @erickthohir

Adapun suhu udara di Jawa Timur rata-rata berkisar mulai dari 15 hingga 38 derajat celcius. Dengan kelembapan udara antara 35 sampai 95 persen. Arah angin didominasi dari timur ke tenggara berkecepatan 05 - 30 kilometer per jam.

Seperti diketahui, pembukaan Piala Dunia U-17 di GBT Surabaya pada Jumat malam nanti akan dihadiri Presiden Jokowi dan petinggi sepak bola, baik dari FIFA maupun PSSI. Setelah opening, dilanjutkan pertandingan perdana antara Timnas Indonesia melawan Ekuador, kemudian dilanjutkan Panama versus Maroko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya