Dituding Jadi Provokator di Stadion Harapan Bangsa, Dokter Tim PSMS Medan Ungkap Fakta Sebenarnya

Dokter Tim PSMS Medan, dr M Sufi Sidabutar (kaca mata)
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

Aceh – Dituding sebagai provokator oleh manajemen Persiraja Banda Aceh, sehingga terjadi insiden di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, Banda Aceh, Minggu malam, 19 November 2023. Dokter tim PSMS Medan beberkan fakta sebenarnya.

Kata Thomas Doll Usai Persija Turunkan Rans ke Zona Degradasi

Insiden tersebut, menyebabkan terjadi pemukulan terhadap pemain PSMS Medan, Rachmad Hidayat hingga skuad tim ayam kinantan, dilempari menggunakan botol air mineral. Usai pertandingan berakhir seri 0-0.

Manajemen Persija Banda Aceh menuding pemicunya, adalah Dokter Tim PSMS Medan. Namun, hal itu dibantah dengan tegas oleh dr M Sufi Sidabutar sebagai Dokter Tim PSMS Medan. Ia membeberkan fakta-fakta sebenarnya.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Sufi mengungkapkan dirinyalah yang mendapatkan intimidasi dari official Persiraja saat melaksanakan tugasnya. Karena, ada pemain perlu mendapatkan pertolongan dari tim medis.

"Di akhir babak kedua, injury time, Abdul Rochim tergeletak dekat gawang dan membutuhkan perawatan. Kami sebagai tenaga medis, dokter dan fisioterapi dipanggil wasit ke dalam lapangan. Setelah masuk (ke lapangan), Rochim disuruh bangkit, dan kehadiran kami sudah tidak diperlukan lagi," jelas Sufi kepada wartawan, di Kota Medan, Senin 20 November 2023.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi

Dokter Tim PSMS Medan, dr M Sufi Sidabutar (kaca mata)

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Sufi mengatakan tim medis yang sudah keburu masuk, akhirnya berlari menepi ke pinggir lapangan. Namun, sempat ada friksi antara dokter Sufi dan pemain Persiraja, yang menyuruh mereka agar lebih cepat keluar lapangan, sambil mendorong Sufi.

"Ketika dokter sudah menepi (ke pinggir lapangan), official Persiraja tiba-tiba mendatangi saya, menarik kaca mata. Saya pun membela diri, ambil posisi jaga diri, salah seorang official Persiraja menendang saya di bagian paha kanan, setelah itu wasit melerai. Saya tidak tahu siapa yang menendang," katanya.

Sufi membantah dirinya yang melakukan provokasi. Jelas-jelas menurut dia, dirinya lah yang menjadi korban lantaran mendapatkan intimidasi hingga ditendang official Persiraja. 

"Provokasi itu katanya datang dari kita itu jelas-jelas tidak benar ya. Karena pemain memang tergeletak dan membutuhkan perawatan dan wasit yang menyuruh kami masuk. Namun karena waktu sudah hampir habis dan wasit memaksa Abdul Rochim untuk bangkit karena dorongan dari pemain Persiraja, maka Rochim pun terpaksa bangkit, sehingga kehadiran tenaga medis tidak diperlukan lagi dan akhirnya tenaga medis menepi," ungkapnya.

Keterangan Sufi dibenarkan Fisioterapis PSMS Medan, Yongki Alexander Ritonga. Dia menyebut, mereka masuk ke lapangan setelah dipanggil wasit Irfan Wahyu untuk merawat Rochim.

"Awalnya bang Rochim jatuh di dekat gawang, wasit panggil tenaga medis, kami lari, tapi bang Rochim bangkit sudah mau bermain. Ke depan bench (Persiraja) lah kami karena paling dekat. Aku lari mau ke bench PSMS kembali, dokter di belakangku, terus kutengok dia sudah dikepung beberapa ofisial Persiraja. Kacamatanya dipukul, wajar dia tidak terima. Aku datang melihat kawan diintimidasi berbalik bermaksud ikut melerai," ungkapnya.

Menurut Yongki, tuduhan bahwa pemain dan tenaga medis PSMS memprovokasi penonton tidaklah benar. 

"Mereka memfitnah medis memprovokasi padahal tidak. Itu tidak betul, kita mau datang, karena bang Rochim bangkit, dokter didorong pemain Persiraja memaksa cepat keluar. Tidak mungkin kami memprovokasi di hadapan 31.000 penonton, kami tidak gila. Pemain dan official kami yang dilempari saat mau masuk ke ruang ganti dan kapten Rachmad Hidayat dipukuli di lorong," ucap Yongki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya