Mano Polking Dipecat dari Timnas Thailand, Shin Tae-yong Senasib?

Shin Tae-yong dan Alexandre Polking
Sumber :
  • Facebook FA Thailand

VIVA – Kabar mengejutkan dari Timnas Thailand. Alexandre 'Mano' Polking resmi dipecat dari jabatan sebagai pelatih Gajah Perang.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Keputusan itu disampaikan oleh Manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau yang dikenal Madam Pang, Rabu 22 November 2023.

"Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang sudah berjalan dua pertandingan, tidak bisa ditampik bahwa semua pihak mengharapkan hasil yang lebih. Tapi hasilnya tidak memenuhi harapan," tulis Madam Pang.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Terutama di pertandingan pertama di kandang kami kalah dari China 1-2, yang merusak dan berpengaruh dalam peluang kami ke babak ketiga dengan empat laga tersisa," sambung pernyataanya.

Federasi Sepakbola Thailand (FAT), kata Madam Pang, memutuskan bahwa kini sudah saatnya ada perubahan di Timnas Thailand yakni dengan menghentikan Polking.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Saya menginformasikan presiden asosiasi dan sudah berbicara dengan Mano Polking mengenai sudah waktunya dilakukan perubahan. Sehingga timnas Thailand akan lebih siap saat tampil di Piala Asia 2023," tulis Madam Pang.

"Sebelum kami berpisah, Madam Pang sebagai manajer tim ingin mengucapkan terima kasih kepada coach Polking, termasuk tim pelatih atas dedikasi dan komitmen mereka selama dua tahun terakhir, yang sudah membawa kebahagiaan untuk masyarakat Thailand dengan membawa tim juara ASEAN dua kali beruntun," tulis Madam Pang.

Sejatinya, hasil TImnas Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak lebih buruk ketimbang TImnas Indonesia. Setelah dikalahkan China 0-1, Tailand berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Singapura.

Sedangkan Timnas Indonesia dibantai Irak 1-5 pada laga perdana Grup F, dan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Filipina di Stadion Rizal Memorial, Selasa 22 November.

Lantas, bagaimana masa depan Shin Tae-yong, akankah dia senasib dengan Polking? Di media sosial, pelatih asal Korea Selatan itu habis dirujak netizen. 

Beragam komentar datang menyalahkan Shin Tae-yong menyusul kegagalan Indonesia meraih kemenangan di dua pertandingan terakhir. Bahkan beberapa pengamat juga menyoroti taktik dari sang juru latih.

Sementara PSSI berencana memanggil Shin Tae-yong untuk dilakukan evaluasi. Ketua. Umum PSSI, Erick Thohir menjelaskan bahwa dia baru saja menggelar rapat dengan anggota eksekutif (EXCO) PSSI.

Selain anggota Exco, terlihat Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali dan Sekjen PSSI Yunus Nusi juga hadir. Tujuannya untuk membahas persiapan timnas untuk tahun depan.

Terdekat, timnas Indonesia akan bertanding di Piala Asia 2023 pada Januari mendatang. "Siang ini saya rapat bersama teman-teman Komite Eksekutif (Exco) PSSI."

"Kami membahas persiapan Timnas untuk beberapa kejuaraan Asia tahun depan," tulis Erick Thohir di laman Instagram pribadinya, Rabu 22 November 2023.

Kontrak Shin Tae-yong sebenarnya sudah berakhir pada akhir tahun 2023 ini. Namun, bulan lalu, kontraknya diperpanjang sampai Juni 2024. Dia masih dipercaya untuk memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia awal 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya