3 Gol Ajaib Pemain Indonesia yang Sukses Gegerkan Dunia

Gol pemain Persibo Bojonegoro Achmad Faizul disebut layak raih Puskas Award 2024
Sumber :
  • Instagram @persibo.bojonegoro

JAKARTA – Achmad Faizul mendadak viral beberapa waktu lalu. Apalagi kalau bukan karena gol spektakulernya ke gawang Inter Pemuda Kediri dalam lanjutan Liga 3 Jawa Timur.

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Faizul yang membela Persibo Bojonegoro bahkan disebut layak mendapatkan Puskas Award atas golnya tersebut. 

Berawal dari kerja sama tiga pemain Persibo di sisi kanan pertahanan lawan, salah satu pemain Persibo lantas mengirim umpan lambung ke dalam kotak penalti Inter Pemuda Kediri.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Berdiri tanpa kawalan di dalam kotak 16 meter, Faizul menyelesaikan umpan tersebut dengan cara ajaib dan tak terduga. Melihat bola lambung datang, dia melompat sambil memutar badan lalu melakukan backheel.

Dalam posisi membelakangi gawang, backheel ajaib Achmad membuat bola melambung masuk ke gawang Inter Pemuda Kediri tanpa bisa dijangkau sang kiper.

Arema FC Bakal Rotasi Pemain Saat Lawan PSM Makassar

Gol Faizul ini ternyata bukan satu-satunya yang membuat geger dunia. Sebelumnya, ada pemain lain dari tanah air sudah lebih dulu berhasil membuat mata publik internasional terbelalak.

Di 2017, Terens Puhiri yang kala itu membela Borneo FC berhasil menyita perhatian dunia dengan golnya ke gawang Mitra Kukar.

Terens bermain ciamik saat menjalani laga tandang ke markas Mitra Kukar, Stadion Aji Imbut, Senin 23 Oktober 2017. Dalam pertandingan itu, dia melakukan aksi solo run sebelum menjebol gawang lawan.

Pemain Borneo FC, Terens Puhiri.

Photo :
  • Instagram/@borneofc.id

Gol dia hasilkan pada menit 71. Berawal dari serangan balik, Terens berlari mengejar bola yang sudah mencapai hampir separuh lapangan. Saat itu, dia berlari dari sepertiga lapangan.

Pemain belakang Mitra Kukar seakan mampu menjangkau bola. Tapi, laju Terens begitu kencang.

Winger 21 tahun tersebut secara mengejutkan mampu mencuri bola. Selanjutnya, dia terus berlari dan mengecoh kiper Mitra Kukar, Gerry Mandagi. Dengan mudah, Terens menceploskan bola ke gawang Gerry dan membuat Borneo unggul 3-0.

Globoesporte, media ternama Brasil,  menyoroti aksi Terens. Mereka menyebut, laju lari Terens layaknya Usain Bolt.

"Pemain Indonesia berlari layaknya Usain Bolt demi mencetak gol ketiga Borneo FC di laga kontra Mitra Kukar dalam lanjutan Liga 1. Dia berlari dari area pertahanannya menuju wilayah lawan dan mengecoh pemain belakang serta kiper lawan," begitu tulisan

Gol Widodo C Putro

Ini adalah gol dari legendaris. Widodo menjadi perbincangan dunia atas gol saltonya di ajang Piala Asia 1996.

Gol Widodo ketika itu dicetak ke gawang Kuwait. Itu adalah penampilan pertama Timnas Indonesia di ajang Piala Asia.

Gol salto Widodo Cahyono Putro

Photo :
  • instagram.com/afcasiancup

Tergabung ke dalam Grup A, Timnas Indonesia melawan Kuwait di laga perdana. Widodo membawa skuad Garuda unggul 1-0 pada menit 20.

Berdiri di dalam kotak penalti, Widodo menyambut umpan silang yang dilepaskan Ronny Wabia. Bola pun akhirnya bersarang ke pojok kiri gawang Kuwait.

Ronny Wabia berhasil menggandakan keunggulan pada menit 40. Namun sayang, di babak kedua Kuwait mampu mengejar ketertinggalan hingga skor akhir menjadi 2-2.

Lesakan yang dibuat Widodo itu pun akhirnya terpilih menjadi yang terbaik di ajang tersebut.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya