Alasan Shin Tae-yong Mainkan Witan Sulaeman sebagai Bek Kanan

Witan Sulaeman
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkapkan alasannya menjadikan Witan Sulaeman sebagai full back kanan saat dibantai Libya.

Wow, Harga Satu Pemain Uzbekistan Ini Lebih Tinggi dari Seluruh Pemain Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia hancur lebur kala menghadapi Libya pada laga uji coba jelang Piala Asia 2023. Bertanding di Mardan SportSports Complex, Antalya, Turki, Selasa 2 Januari 2024, Timnas Indonesia kalah 0-4.

Shin Tae-yong mengakui pada laga ini dirinya banyak melakukan eksperimen, seperti langsung memainkan Justin Hubner yang baru bergabung, hingga penempatan posisi Witan Sulaeman sebagai full back kanan.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

"Seperti yang sudah saya katakan, saya ingin memanfaatkan uji coba ini untuk mempertajam taktik permainan tim, dengan penyesuaian pada kondisi fisik pemain. Untuk Justin, saya yakin dia bisa langsung bermain, saya juga berharap, lewat uji coba, Justin bisa lebih awal menyesuaikan permainan tim dan dengan rekan-rekannya yang lain," jelasnya.

"Bagi Witan, dia sudah saya tanyakan bisa kah bermain sebagai full back kanan, dia katakan bisa, karena sebelumnya pernah melakukannya. Jadi ini semua sebagai persiapan dan pematangan tim ini agar bisa berlaga dengan baik di Piala Asia," tutup Shin Tae-yong.

Pelatih Kiper Persebaya Surabaya Suntikan Semangat untuk Ernando Ari

Selanjutnya, timnas Indonesia akan melakoni laga uji coba kedua mereka dengan Libya di tempat yang sama pada Jumat (5/1). Setelah itu melawan Iran di Qatar (9/1). 

Uji coba merupakan pemanasan buat Indonesia menuju Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang. 

Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam. Laga perdana akan dihadapi Indonesia melawan Irak pada 15 Januari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya