PSSI Buka Peluang Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

Pelatih TImnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Jakarta – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan performa Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024 akan jadi faktor penting dalam pertimbangan perpanjangan kontrak pelatih Shin Tae-yong.

Warga Bisa Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Irak di Monas Malam Ini

Jika kedua tim yang dibesut Shin Tae-yong itu menunjukkan performa bagus di Piala Asia 2023 dan Piala Asia U-23 2024, perpanjangan kontrak hingga 2027 bakal diberikan oleh PSSI.

"Perpanjang (kontrak STY saat ini) sampai Juni, tetapi nanti kami review kinerjanya untuk Asia Cup Senior (Piala Asia 2023) dan tentu Asia Cup U-23 (Piala Asia U-23 2024)," kata Erick Thohir.

Doa dan Harapan Orang Tua Pratama Arhan Jelang Indonesia Vs Irak

Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/Robbi Yanto

Diakui Erick, sejak menjabat sebagai Ketum PSSI sampai dengan sekarang, komunikasi dengan Shin Tae-yong berjalan dengan baik. Pihaknya selalu memberi dukungan yang diperlukan oleh tim.

Ketika Timnas Indonesia Bikin Hanung Bramantyo Jatuh Cinta Lagi

"Kita saling menghargai. Saya sama coach STY berkomunikasi baik. Saya dukung. Kemarin ada minta tambahan bus, saya bantu. Minta tambahan dokter, saya bantu. Saya dukung pasti. Saya tidak pernah mendiskriminasi pelatih mana pun," tuturnya.

Dia pun memahami tugas Shin Tae-yong tidaklah mudah. Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia pada 2007, sementara skuad U-23 baru akan debut di tahun ini.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

"Ini tidak mudah, ini sejarah juga. Ketika kita pertama kalinya tim senior bisa masuk Asia Cup setelah 17 tahun, yang U-23 juga tidak pernah masuk. Tidak mudah," ucap Erick.

Masa depan juru taktik asal Korea Selatan bersama Skuad Garuda memang kerap jadi bahasan hangat. Di era kepengurusan PSSI sebelumnya, bahkan kerap muncul desakan memecat Shin Tae-yong.

Tapi kemudian publik di media sosial bersuara memberi opini perlawanan. Mereka menganggap Shin Tae-yong layak diberi waktu tambahan, karena sudah bagus dalam membentuk gaya bermain Timnas Indonesia. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya