Rangking FIFA Timnas Indonesia Melesat Usai Tekuk Vietnam, Ini Peringkatnya

Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Vietnam
Sumber :
  • PSSI

QATAR– Prediksi dari Footy Rankings menyebutkan bahwa peringkat FIFA Timnas Indonesia diperkirakan akan melonjak setelah berhasil mengalahkan Timnas Vietnam dalam pertandingan Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat, 19 Januari 2024.

Uzbekistan Mengerikan, Shin Tae-yong: Saya Tak Pernah Kalah Lawan Mereka

Menurut sumber yang sama, dalam menghitung perubahan rangking FIFA, Timnas Indonesia diprediksi akan naik empat peringkat ke peringkat 142 dunia setelah meraih kemenangan atas Vietnam dalam putaran final Piala Asia.

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia vs Vietnam

Photo :
  • asiancup
Pemkot Semarang Siapkan 3 Layar Raksasa Buat Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Kenaikan peringkat FIFA yang signifikan ini disebabkan oleh tingginya bobot pertandingan sebagai bagian dari putaran final Piala Asia, serta perbedaan peringkat yang signifikan antara Vietnam dan Indonesia. Saat ini, Vietnam menduduki peringkat 94 dunia, sementara Indonesia berada di peringkat 146.

Indonesia diklaim mendapat tambahan poin hingga 23,18 poin, sementara Vietnam minus 23,18 poin. Vietnam diprediksi turun lima peringkat ke posisi 99 dunia.

Timnas Indonesia U-23 Dapat Bonus Rp23 Miliar dari 23 Pengusaha

Kemenangan atas Vietnam membuat Indonesia memiliki 1076,78 dalam ranking FIFA. Vietnam memiliki 1205,90.

Timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam pada laga kedua Piala Asia 2023. Gol penalti Asnawi Mangkualam pada menit ke-42 memastikan kemenangan tim Garuda atas Vietnam.

Hasil ini membuat Indonesia membuka peluang lolos ke babak 16 besar. Selanjutnya tim asuhan Shin Tae Yong akan menghadapi Jepang pada laga terakhir Grup D, Rabu, 24 Januari 2024 nanti.

"Kedua tim bermain dengan baik. Kami bermain dengan performa terbaik dan pemain juga bermain sesuai harapan. Saya rasa kami juga mendapat sedikit keberuntungan. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada fans atas dukungan mereka terhadap tim," ujar Shin Tae Yong usai laga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya