Fakta Mengenaskan Vietnam di Rangking FIFA, Nasib Terkelam Sejak 6 Tahun Lalu

Timnas Vietnam di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

VIVA – Timnas Vietnam hancur lebur di Piala Asia 2023. Mereka gagal lolos ke babak 16 besar usai menjadi pesakitan di Grup D.

Timnas Indonesia 'Gendong' Asia Tenggara di Semifinal Piala Asia U-23

Bergabung dengan Jepang, Irak, dan Timnas Indonesia, Vietnam sama sekali tidak mampu meraih satu poin pun.

Sempat dibangga-banggakan karena mampu menyulitkan Jepang dengan hanya kalah 2-4, Vietnam kemudian ditumbangkan Indonesia dengan skor 0-1.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Kemudian di partai pamungkas, Vietnam kembali kalah dari Irak dengan skor 0-1. Vietnam pun pulang dengan tengan hampa dari Piala Asia 2023 yang berlangsung di Qatar.

Buruknya performa Vietnam di Piala Asia berdampak pada posisi mereka di rangking FIFA

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

Sebelumnya, Vietnam adalah tim Asia Tenggara yang memiliki rangking paling baik dengan berada di posisi 100 besar dunia.

Akan tetapi, usai ajang yang dijuarai Qatar itu, Vietnam pun terjun bebas dalam rangking FIFA, bahkan mereka terlempar dari peringkat 100 besar.

Vietnam turun 11 peringkat dan kini ada di posisi 105. Mereka minus 41 poin akibat tampil buruk di Piala Asia 2023, hingga poinnya menjadi 1.194,58. 

Melansir FIFA, ini adalah penurunan rangking terbesar bagi Vietnam dalam enam tahun terakhir. 

Vietnam pertama kali berada di posisi 100 besar FIFA pada 29 November 2018 lalu. Sejak saat itu, Vietnam tidak pernah terlempar dari posisi 100 besar. Akan tetapi, kini mereka harus menerima kenyataan pahit ini.

Kini, Thailand menjadi tim ASEAN dengan peringkat FIFA paling tinggi. Gajah Perang juga lolos ke babak 16 besar, mereka kini mengumpulkan 1.206,72 poin dan bercokol di peringkat 101.
 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya