Sindiran Pedas Pemain Vietnam: Kami Lawan Timnas Indonesia atau Belanda

Timnas Indonesia Nyanyikan Lagu Kebangsaan
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

VIVA – Timnas Vietnam akan bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada 21 Maret 2024 dalam  laga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Jelang pertandingan tersebut, gelandang Vietnam, Do Duy Manh memberikan sindiran kepada skuad Garuda, yang didominasi pemain-pemain keturunan Belanda.

Dari 28 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk laga ini, 11 di antaranya merupakan pemain naturalisasi atau yang punya darah keturunan Indonesia. 4 pemain bahkan baru dinaturalisasi dan mendapat panggilan perdana.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Banyaknya pemain keturunan di skuad Timnas Indonesia jadi perhatian lawan. Do Duy Manh, salah satu pemain yang dipanggil Timnas Vietnam, mengakui program naturalisasi RI jadi bahan ledekan di ruang ganti The Golden Star.

"Melalui informasi pers, saya mengetahui bahwa tim Indonesia melakukan naturalisasi hingga 11 pemain untuk persiapan pertandingan ini. Mereka juga punya banyak pemain yang bermain di luar negeri dengan keahlian bagus," kata Manh, dilansir dari media Vietnam Toui Tre.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

"Indonesia selalu menjadi tim yang tidak mudah dilawan dengan gaya bermainnya yang garang dan agresif. Kini ada rombongan yang masuk lagi ke Tanah Air secara massal. Terkadang kami saling meledek karena tidak tahu apakah kami akan bermain melawan tim Indonesia atau Belanda," sambungnya.


Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa timnya tidak gentar dengan pemain-pemain naturalisasi Timnas Indonesia. "Namun tim Vietnam juga memiliki pemain berkualitas," ucapnya.

"Kami tidak takut bermain melawan pemain naturalisasi Indonesia. Kekhawatiran tidak ada dalam pikiran pemain Vietnam mana pun," tegasnya.

Daftar Pemain Keturunan/Naturalisasi Timnas Indonesia

Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen)
Elkan Baggott (Bristol Rovers)
Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim)
Sandy Walsh (KV Mechelen)
Justin Hubner (Cerezo Osaka)
Thom Haye (SC Heerenveen)
Jay Idzes (Venezia FC)
Marc Klok (Persib Bandung)
Ivar Jenner (Jong Utrecht)
Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard)
Rafael Struick (ADO Den Haag).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya