Vietnam Tidak Lemah, tapi Timnas Indonesia Sudah Mengerti Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Hanoi – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menuai hasil positif selama menjabat sejak 2019. Secara perlahan, tim besutannya semakin kuat dan bisa mengalahkan rival di Asia Tenggara, yakni Timnas Vietnam.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Dalam dua kali pertemuan di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Skuad Garuda selalu menang atas Vietnam. Puncaknya adalah kemenangan tiga gol tanpa balas di My Dinh Stadium, Selasa malam WIB 26 Maret 2024.

Lima hari sebelumnya, Timnas Indonesia memaksa lawannya menerima kenyataan kalah 0-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pujian kepada Shin Tae-yong pun berdatangan dari publik.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut harus melalui jalan yang sulit untuk sampai ke titik sekarang. Kekalahan demi kekalahan dialami Timnas Indonesia di awal kepemimpinan Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles
Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Bahkan sempat muncul desakan untuk memecat Shin Tae-yong. Dia memberi penjelasan akan hal tersebut, dan mengatakan saat ini para pemain sudah mengerti apa yang ingin diterapkan dalam tim.

"Sejak saya bekerja di Timnas Indonesia, terutama dalam dua tahun pertama, itu dalam situasi COVID-19. Jadi itu sangat sulit bagi saya untuk membuat tim solid dan bersaing," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi per usai pertandingan

"Setelah dua tahun kemudian, saya pikir ini adalah waktu bagi saya untuk membangun tim. Sehingga sekarang pemain sudah mengetahui tentang gaya kepelatihan saya, filosofi tim, prinsip, taktik, dan sebagainya," imbuhnya.

Dengan semakin stabilnya performa tim, Shin Tae-yong memetik hasil positif dalam dua laga melawan Vietnam. Dia menepikan kemenangan tersebut dikarenakan Vietnam yang performanya menurun.

"Jadi sekarang, performa tim kami menjadi sedikit stabil. Saya tidak berpikir performa dan kekuatan Vietnam menjadi lebih lemah. Mereka masih memiliki sisi kompetitif tersendiri," ujar Shin Tae-yong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya