Ukir Sejarah, Ini 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Permalukan Vietnam

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia
Sumber :
  • Situs Resmi PSSI

Hanoi - Timnas Indonesia berhasil meraih poin sempurna setelah menumbangkan Vietnam dengan skor 3-0 dalam Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia Grup F di My Dinh National Stadium pada Selasa malam kemarin, 26 Maret 2024.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Ketiga gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (23') dan Ramadhan Sananta (90+8'). Sementara Ini kekalahan beruntun Vietnam dalam lima pertandingan terakhir. Berikut beberapa fakta menarik duel Vietnam vs Timnas Indonesia:

1. Timnas Indonesia Indonesia Ukir Sejarah

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia mengukir sejarah. Garuda Indonesia berhasil pecah telur selama 20 tahun terakhir. Kemenangan terakhir Timnas Indonesia di kandang Vietnam pada 14 Desember 2004 di ajang Piala AFF dengan skor 3-0.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

2. Ragnar Oratmangoen Jalani Debut

Duel Timnas Vietnam vs Timnas Indonesia

Photo :
  • PSSI

Ragnar Oratmangoen menjalani debut bersama Timnas Indonesia. Pemain yang baru saja dinaturalisasikan itu bermain sejak menit awal. Selain itu juga, Ragnar Oratmangoen sukses mencetak gol perdananya bagi Timnas Indonesia.

3. Jay Idzes Terbaik

Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Jay Idzes bermain luar biasa di lini pertahanan Timnas Indonesia, pemain berusia 23 tahun itu mampu merepotkan barisan penyerangan Vietnam. Selain itu juga, ia berhasil membawa Timnas Indonesia membuka keunggulan ketika laga baru berjalan sembilan menit. Atas penampilan gemilangnya membuat dirinya terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

4. Rekor Buruk Philippe Troussier

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier

Photo :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier memiliki torehan buruk saat bertemu dengan Timnas Indonesia. Tercatat pelatih berusia 69 tahun itu belum pernah meraih kemenangan saat berhadapan dengan skuad Merah Putih dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Pertemuan pertamanya saat Philippe Troussier melatih Qatar dan menelan kekalahan atas Timnas Indonesia dengan skor 1-2 di Piala Asia 2004.

5. Peluang Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke Gawang Vietnam

Photo :
  • PSSI

Timnas Indonesia memiliki peluang besar untuk lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia. Kini skuad asuhan Shin Tae yong berada di peringkat kedua dengan tujuh poin.

Untuk lebih memastikan lolos, Timnas Indonesia harus meraih dua kemenangan lagi saat menghadapi Filipina dan Irak. Namun Jika menghadapi Irak kalah, Timnas Indonesia harus meraih kemenangan atas Filipina dan Vietnam kalah di salah satu pertandingan menghadapi Filipina atau Irak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya