Timnas Indonesia Jadi Penghancur Karier Philippe Troussier

Pelatih Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) resmi memecat Philippe Troussier dari kursi pelatih Timnas Vietnam. Keputusan itu diambil usai The Golden Stars dihajar Timnas Indonesia di kandang.

Akhirnya, Pelatih Korea Selatan Beri Pengakuan Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23

Vietnam kalah 0-3 dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion My Dinh, Selasa 26 Maret 2024. Ini jadi kekalahan ketiga beruntun Vietnam dari Indonesia.

Usai pertandingan melawan Indonesia, VFF mengadakan pertemuan mendesak dengan Philippe Troussier. Hasilnya, kedua belah pihak sepakat untuk memutuskan hubungan kerja sama.

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

"Kami baru saja menyelesaikan pertemuan dan memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan pelatih Troussier," kata Sekretaris Jendral VFF, Duong Nghiep, kepadaVN Express. 

Sebelumnya,  Philippe Troussier didatangkan VFF untuk menggantikan Park Hang-seo di kursi pelatih Vietnam. Philippe Troussier mendapatkan durasi kontrak 3,5 tahun dan berakhir pada Juli 2026.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Dia ditargetkan untuk membawa Vietnam lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Vietnam sebenarnya masih ada harapan untuk melaju ke babak selanjutnya.

Namun kekalahan dari timnas Indonesia malam ini membuat harapan untuk menipis. The Golden Stars Warriors hampir pasti tersingkir di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di sisi lain, Vietnam benar-benar hancur lebur bersama Troussier. Mereka selalu kalah dalam tujuh pertandingan terakhir.

Salah satu kesulitan Timnas Vietnam meraih hasil manis diperkirakan karena masalah kegagalan transisi gaya main. Vietnam era Park Hang-seo sangat mengandalkan counter pressing dan fisik, namun saat ini mencoba ke penguasaan bola.

Dipecat karena dikalahkan Timnas Indonesia bukan kali ini saja dialami Troussier. Sebelumnya, hal serupa terjadi ketika ia melatih Qatar.

Dia dipecat karena Qatar hancur lebur di Piala Asia 2004 dan salah satunya adalah kekalahan dari Timnas Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya