5 Fakta Philippe Troussier Dipecat Jadi Pelatih Vietnam Usai Dihancurkan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

Honai - Philippe Troussier dipecat jadi pelatih Vietnam usai dipermalukan Timnas Indonesia dengan skor 0-3 di Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Ketiga gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Jay Idzes (9'), Ragnar Oratmangoen (23') dan Ramadhan Sananta (90+8'). Sementara Ini kekalahan beruntun Vietnam dalam lima pertandingan terakhir.

"Kami baru saja melakukan pertemuan dengan pelatih Troussier. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024,"  tegas Sekretaris Jenderal Duong Nghiep Khoi kepada VnExpress, usai pertemuan di markas VFF.

Anak Shin Tae-yong: Meskipun Warga Korsel, Saya Dukung Timnas Indonesia

Berikut beberapa fakta Philippe Troussier dipecat jadi pelatih Vietnam usai dipermalukan Timnas Indonesia dilansir berbagai sumber:

1. Menelan 4 Kali Kekalahan Atas Timnas Indonesia

Ini Alasan Nathan Tjoe-A-On tak Ambil Penalti saat Timnas Indonesia Tekuk Korea Selatan

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Philippe Troussier selama melatih Vietnam sudah empat kali menelan kekalahan atas Timnas Indonesia termasuk laga tadi yang membuat dirinya harus angkat kaki.

Kekalahan pertama atas Timnas Indonesia pada SEA Games 2023 dengan skor 2-3, kekalahan kedua di Piala Asia 2023 dengan skor 0-1, kekalahan ketiga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan skor 0-1 dan terakhir yang membuat dirinya dipecat saat menelan kekalahan di hadapan pendukungan dengan skor 0-3.

2. Catatan Philippe Troussier

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Selama menangani Vietnam sejak Februari 2023, Philippe Troussier selalu meraih hasil buruk. Dalam 11 pertandingan terakhir, pelatih asal Prancis itu hanya mampu meraih satu kali kemenangan dan 10 kali kekalahan.

3. Belum Ada Pengganti

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo

Photo :
  • the-afc.com

Setelah Federasi Sepakbola Vietnam atau VFF memutuskan memecat Philippe Troussier sebagai pelatih kepala, mereka masih belum mengumumkan pelatih baru.

Namun ada kemungkinan Park Hang Seo kembali lagi menangani Vietnam. Pasalnya pelatih asal Korea itu sudah memberikan sinyal akan kembali menangani Vietnam.

4. Philippe Troussier Selalu Kalah saat Bertemu Timnas Indonesia

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Photo :
  • Situs Resmi PSSI

Selama menjadi pelatih, Philippe Troussier sudah lima kali bertemu dengan Timnas Indonesia. Namun pelatih berusia 69 tahun itu selalu meraih kekalahan.

Pertemuan pertamanya saat Piala Asia 2004 ketika ia menangani Timnas Qatar dan meraih kekalahan 1-2. empat kekalahan selanjutnya saat dirinya menangani Vietnam.

5. Philippe Troussier Belum Ada Tujuan

Pelatih Timnas Vietnam, Philippe Troussier

Photo :
  • VFF

Setelah resmi dipecat jadi pelatih Vietnam, Philippe Troussier belum memutuskan mengenai masa depannya. Apakah akan menangani klub atau kembali menangani Tim Nasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya