PSSI Beberkan Proses Naturalisasi 2 Pemain Anyar

Calvin Verdonk
Sumber :
  • Calvin Verdonk/instagram

Jakarta – Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga membeberkan saat ini sedang ada proses naturalisasi dua pemain. Akan tetapi, dia tak mau memberi tahu siapa kedua nama tersebut.

Jadi Sorotan Media Asing, Erick Thohir Tegaskan Timnas Indonesia Akan Terus Terbang Tinggi

Beredar kabar pemain yang sedang diupayakan proses naturalisasinya oleh PSSI adalah Calvin Verdonk dan Ole Romeny. Keduanya juga sudah ramai dibicarakan di media sosial.

"Sesuai kata Pak Ketum (Erick Thohir), mudah-mudahan ada dua pemain yang diproses dalam waktu dekat," kata Arya Sinulingga saat ditemui di Jakarta, Selasa 2 April 2024.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Saya tidak mau ngomong Calvin. Yang pasti, kalau dia belum sampai ke Indonesia, kita tidak mau ngomong. Kita tidak mau janji karena ada prosesnya," imbuhnya.

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga

Photo :
  • PSSI
Gaji di Timnas Miliaran, Pelatih Shin Tae-yong Mudah Beli Hyundai Palisade tiap Bulan

Proses ini dikatakan oleh Arya juga harus diikuti dengan niat pemain tersebut. Karena yang pertama harus dilakukan, mereka datang ke Indonesia untuk bicara dengan Kedutaan Besar masing-masing negara terkait keinginan pindah kewarganegaraan.

"Cuma kembali lagi, prosesnya pertama mereka harus datang ke sini dulu karena mereka harus pergi ke Kedubes-nya untuk menyatakan mau pindah kewarganegaraan," tutur Arya.

Selanjutnya mereka yang akan dinaturalisasi mesti menjalani rangkaian tes yang dilakukan PSSI. Karena waktunya memakan waktu, baru bisa dilakukan jika waktu sang pemain kosong atau sedang libur.

Proses naturalisasi tak berhenti sampai di sana. Karena harus juga melewati proses di Badan Intelijen Negara, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Sekretaris Negara, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Presiden.

"Setelah itu proses sumpah, baru keluar KTP dan paspor dan diurus untuk pindah federasi. Mudah-mundahan bisa bagus prosesnya karena naturalisasi membuat tingkat pemainan kita semakin baik," tutur Arya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya