Persema dan Persiba Melaju ke 16 Besar

IVAnews -  Dua tim lagi dipastikan lolos ke babak 16 besar Copa Indonesia 2008/2009.  Persiba Balikpapan dan Persema Malang melaju ke babak selanjutnya setelah mengalahkan lawannya di leg kedua babak 24 besar, Kamis, 22 Januari 2009.

Tim asal Divisi Utama Persema Malang menjadi ganjalan bagi tim asal Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009, Persela Lamongan. Setelah kalah 0-1 di leg pertama, Persema berhasil membalasnya di leg kedua dengan mengalahkan Persela 2-0 di Stadion Gajayana, Malang.

Dua gol Persema dicetak oleh Harmoko pada menit ke-28 dan Mbom Mbom Julien menit ke-49. Berkat kemenangan ini, Persema unggul agregat gol atas Persela 2-1 sekaligus memastikan diri tampil di babak 16 besar. 

Pertandingan Persema vs Persela sempat tertunda selama  1 jam 8 menit akibat hujan lebat yang melanda Malang dan sekitarnya. Hujan turun sejak 20 menit sebelum kick off babak pertama dan sempat menggenangi lapangan pertandingan. Beruntung hujan akhirnya berhenti dan pertandingan bisa dilanjutkan.   

Nasib yang sama juga dialami oleh Persiba Balikpapan. Tim asal Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 itu berhasil menekuk tim tamu Mitra Kukar 1-0 di Stadion Persiba,  Balikpapan, Kamis, 22 Januari 2009.

Gaston Castano kembali bermain cemerlang pada pertandingan ini. Mantan striker PSIS Semarang itu mencetak gol semata wayang tuan rumah melalui titik putih penalti pada masa injury time.

Di leg pertama Persiba mengalahkan Mitra Kukar 2-0. Karena itu, berkat kemenangan ini, Persiba berhak atas tiket babak 16 besar setelah unggul agregat gol 3-0.

Tim-tim yang lolos ke babak 16 besar sudah dinanti oleh empat tim semifinalis Copa Indonesia musim lalu. Masing-masing adalah Persija Jakarta, PSMS Medan, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura. Badan Liga Indonesia (BLI) akan melakukan pengundian untuk menentukan lawan masing-masing tim.