Kelompok 14 Desak Liga Indonesia Mundur

Harbiansyah Hanafiah
Sumber :
  • pusamania.org

VIVAnews - Kelompok 14 mendesak PSSI menunda pelaksanaan kompetisi Liga Super Indonesia 2011/12. PSSI sendiri telah menjadwalkan kompetisi akan dimulai 15 Oktober 2011 dengan laga perdana antara Persib Bandung kontra Semen Padang.

Kelompok 14 beralasan, penundaan harus dilakukan karena sebagian besar klub belum memiliki persiapan maksimal imbas dari jadwal prakompetisi yang carut-marut. Kelompok 14 sendiri berharap kompetisi baru dimulai pada 1 Desember 2011 atau diundur 1,5 bulan dari jadwal yang ada.

Piala Proklamasi Tak Jelas, Arema Enggan Ambil Pusing

"Rencana kami mungkin per 1 Desember, kami baru akan jalan (ikuti kompetisi). Karena pengesahan pemain saja belum apalagi pemain asing. Jadi klub belum apa-apa semua," ujar juru bicara Kelompok 14 yang juga Presiden Direktur Persisam Samarinda, Harbiansyah Hanafiyah dalam jumpa pers di Hotel Ambhara, Kamis 13 Oktober 2011.

Lalu, bagaimana dengan ancaman tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi Asia jika tidak menggelar kompetisi pada batas akhir yang ditetapkan AFC pada 15 Oktober 2011 ini? "Dulu Kongres PSSI yang mendapat ancaman sanksi dari FIFA, kami tidak takut. Apa lagi ini hanya AFC," ujarnya.

Ngotot Tolak 24 Peserta


Kelompok 14 juga dengan tegas menolak kebijakan PSSI yang menetapkan kompetisi Liga Super Indonesia musim 2011/12 diikuti 24 klub peserta. Pasalnya kebijakan tersebut melanggar ketentuan yang ada. Apalagi, penunjukan 2 dari 6 klub tambahan ditentukan secara "gratis" dinilai cacat hukum.

"Dengan memasukkan 6 klub, bukan pada tempatnya. Apalagi 2 klub(Persema Malang dan Persibo Bojonegoro) diampuni di rapat exco. Itu sudah melanggar statuta. Karena keduanya dijatuhi sanksi melalui kongres," lanjut Harbiansyah.

"Jadi kami ingin mengembalikan semuanya kepada statuta. Kalau PSSI tidak menerima, alasannya apa? Kalau kami ikut melanggar statuta, apa kata dunia?" tegas Harbiansyah.

"Lagi pula kalau kompetisi diikuti 24 klub, mati kami (klub-klub peserta). Liga Eropa saja yang perjalannya hanya menggunakan kereta, maksimal klub peserta hanya 20 klub. Bisa sakit kuning kami pengurus klub memikirkan biaya akomodasinya," tutupnya.

Pemain PS Polri

Tim 'Gemuk' PS Polri Diresmikan

Tidak wajar, karena hanya untuk bertanding di turnamen singkat.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2016