Dua Bobotoh Selebritis Ikut Serukan Aksi Damai Suporter

Selebritis yang juga Bobotoh, Eddi Brokoli
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Perseteruan dua kelompok suporter, Bobotoh dan The Jakmania kini seolah akan memasuki babak baru. Hal ini usai terjadi insiden tewasnya Ricko Andrean yang menjadi korban pengeroyokan salah sasaran Bobotoh pada laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta, Sabtu 22 Juli 2017 lalu di Stadion GBLA.

Gol Menit Akhir PSIS Buyarkan Kemenangan Bhayangkara FC

Tragedi ini pun rupanya turut mengundang keprihatinan sejumlah pihak, termasuk para Bobotoh dari kalangan selebritas. Secara umum, seruan untuk menghentikan pertikaian berkepanjangan ini dan mengungkap tuntas pelaku pengeroyokan jadi suara yang kompak didengungkan.

Baca juga: Pekan Ini, Bobotoh dan Jakmania Dipertemukan di Bandung

Persija Dilanda Kelelahan Jelang Hadapi Tira Persikabo

Presenter kondang Muhammad Farhan serta Eddi Brokoli menjadi yang punya pandangan serupa pasca berpulangnya Ricko. Dengan kompak, Farhan dan Eddi menyebut perilaku anarkis justru jauh dari karakter seorang Bobotoh sejati.

Bagi keduanya, ini merupakan preseden buruk, sekaligus momentum untuk memulai lembaran baru dunia suporter Tanah Air yang menolak segala bentuk kekerasan.

Berharap Putus Tren Negatif, Persija Malah Tampil Pincang Vs Persikabo

"Secara pribadi saya mengharapkan perubahan paradigma bahwa sepakbola dekat dengan anarkis. Sebagai Bobotoh, kita harus jadikan Persib itu identitas kita yang bukan pengecut dan bukan pengeroyok," ungkap Farhan yang merupakan Direktur Marketing PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) periode 2009-2015 kepada VIVA.co.id.

"Bobotoh sejati itu nggak pernah ada excuse untuk bikin hal (pengeroyokan) seperti kemarin. Rivalitas itu diperlukan, tapi jangan lagi mengatasnamakan hal itu untuk memaklumi tindak kekerasan," ujar Eddi Brokoli.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

Persib Bandung Waspadai Kekuatan Lini Depan MU

Persib Bandung bakal bersua Madura United dalam lanjutan Liga 1 malam hari ini. Pelatih Persib Robert Rene Alberts mengungkapkan hal ini.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022